Mari Bantu Wujudkan Akses Air Bersih dengan Sedekah Mesin Air Minum

Category Kolaborasi

Terkumpul

Rp. 105.000,00

Dana Dibutuhkan

Rp. 250.000.000,00

Open Goal
202 Hari Lagi
Share
Donasi via Whatsapp

Detail

Update

Donatur

Penggalangan dana dimulai 26 February 2024 oleh:
Wakaf Salman ITB
Akun Terverifikasi

Campaign
313 Campaign

Yuk! Daftar untuk Mulai Ber - Wakaf Membantu Sesama!

Mari Bantu Wujudkan Akses Air Bersih dengan Sedekah Mesin Air Minum

Terkumpul Rp. 105.000,00
Dana Dibutuhkan Rp. 250.000.000,00
Donasi via Whatsapp
Wakaf Salman ITB Akun Terverifikasi

Deskripsi

Penggunaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) sebagai sumber air minum oleh warga Indonesia masih jauh lebih tingi dibandingkan dengan air leding atau perpipaan. Data Susenas 2022 menunjukkan, hanya 9,2% masyarakat yang menggunakan air leding sebagai sumber air minum.

Ada dua alasan mengapa masyarakat masih lebih bergantung kepada AMDK. Pertama, masih rendahnya akses air perpipaan di Indonesia. Kedua, kualitas air pipa di Indonesia yang masih berstatus ‘layak minum’, bukan ‘aman diminum. Air baru bisa berstatus ‘aman’ jika kontaminasi E.coli di bawah batas aman.

Data lain menyebutkan, hampir 70% dari 20.000 sumber air minum rumah tangga yang diuji di Indonesia tercemar limbah tinja dan turut menyebabkan penyebaran penyakit diare, yang merupakan penyebab utama kematian balita.

Padahal, air merupakan kebutuhan dasar bagi manusia dalam menjalankan kehidupan. Tanpa akses air yang layak, manusia akan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berkualitas. Kurangnya akses terhadap air minum bersih bukan hanya sekadar masalah kemanusiaan, tetapi juga faktor penting bagi pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Wakaf Salman mengajak teman-teman semua untuk berikhtiar menyediakan akses air minum bersih dan layak bagi masyarakat dalam program Sedekah Mesin Air Minum.

Nantinya, mesin air minum tersebut akan disimpan di berbagai titik Masjid juga Pesantren agar bisa dimanfaatkan oleh jemaah dan santri sekitar yang kesulitan dalam mengakses air minum layak.

Mari berkontribusi sekarang!

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru

Donatur

Contact Us

Contact Us