Bangun Rumah Sakit Salman untuk Masyarakat Kabupaten Bandung

Category Kolaborasi

Terkumpul

Rp. 1.416.400,00

Dana Dibutuhkan

Rp. 1.000.000.000,00

Open Goal
202 Hari Lagi
Share
Wakaf via Whatsapp

Detail

Update

Donatur

Penggalangan dana dimulai 26 February 2024 oleh:
Wakaf Salman ITB
Akun Terverifikasi

Campaign
313 Campaign

Yuk! Daftar untuk Mulai Ber - Wakaf Membantu Sesama!

Bangun Rumah Sakit Salman untuk Masyarakat Kabupaten Bandung

Terkumpul Rp. 1.416.400,00
Dana Dibutuhkan Rp. 1.000.000.000,00
Wakaf via Whatsapp
Wakaf Salman ITB Akun Terverifikasi

Deskripsi

Berdasarkan survei yang didapat dari Rapid Assessment of Avoidable Blindless (RAAB), angka kebutaan di Indonesia mencapai 3%. Dari angka tersebut, katarak merupakan penyebab tertingginya, yakni sekitar 81%.

Sementara itu, masyarakat yang mengidap gangguan penglihatan di luar katarak lebih banyak lagi, yaitu 6,4 juta. Jika ditotal, ada 8 juta orang dengan kebutaan dan gangguan penglihatan di Indonesia. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah 2 kali lipat dalam satu tahun.

Dilihat dari penyebabnya, penanganan dan penanggulangan kebutaan di Indonesia perlu difokuskan pada dua hal, yaitu penyakit katarak dan penyakit kelainan refraksi.

Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk dapat mengatasi masalah tersebut, khususnya di lingkungan terdekat terlebih dahulu. Kami menyadari bahwa masalah tersebut merupakan tanggung jawab bersama, yang jika kita tidak sadari sedini mungkin akan menyebabkan masalah yang lebih besar lagi.

Kita tahu, bahwa kebutaan dan gangguan penglihatan dapat merenggut produktivitas seseorang, termasuk mereka yang ingin melakukan kegiatan ibadah dengan aman dan nyaman. Maka dari itu, solusi yang kami bawa saat ini adalah dengan menghadirkan fasilitas kesehatan bernama RS Salman Hospital yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pelayanan Rumah Sakit ini akan mengusung slogan 4S 1H, yaitu Safety, Smart, Syar’I, Sustainable, dan Hospitality. Selain itu, Rumah Sakit ini juga dibangun dengan skema wakaf produktif yang diproyeksikan bisa memberi manfaat kepada 60.000 pasien umum dalam 12 tahun waktu beroperasi. 

Kemudian hasil pemasukan aset potensial investasi berbasih sedekah jariyah jangka panjang ini, akan meringankan kesulitan 4,7 juta warga dhuafa di Jawa Barat, didukung oleh skema zakat, infak, dan sedekah lainnya.

“Ketika mewakafkan tanah ini, hanya satu hal yang terpikirkan, yaitu saya ingin mengamalkan pahala jariyah berupa harta aset yang dimiliki keluarga kami..”
-  Anwar Sanusi

Begitulah kiranya tangis haru Anwar Sanusi, selaku salah satu Wakif/Donatur yang pertama kali mewakafkan tanah keluarganya di Soreang. Kini, di tanah tersebut berdiri sebuah bangunan pertama dari RS Salman Hospital, yaitu Gedung Spesialis Mata.

Setelah terbangunnya Masjid Salman Rasidi sebagai salah satu masjid yang berada di kompleks RS Salman Hospital, kini berdiri tegak pula rangka Gedung Spesialis Mata, yang kemudian akan menjadi gedung pertama yang beroperasi ketika pembangunan tahap pertama selesai.

Dibangunnya Gedung Spesialis Mata sebagai awalan, merupakan jawaban atas masalah yang terjadi di Indonesia terkait angka kebutaan dan angka gangguan penglihatan yang kian hari kian bertambah.

Kami mengajak kalian semua untuk berkontribusi dalam pembangunan RS Salman Hospital demi masa depan kesehatan kita bersama, khususnya warga Kabupaten Bandung, Indonesia.

Dengan skema wakaf, insya Allah seluruh donasi yang Anda salurkan akan menjadi pahala jariyah seiring berjalannya kebermanfaatan dari rumah sakit ini.

Maka dari itu, mari bantu kami membangun dan merealisasikan RS Salman Hospital!

Donasi sekarang!

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru

Donatur

Contact Us

Contact Us