Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Bersama ALAMI Sharia dan eFishery, Wakaf Salman Mudahkan Akses Modal Pembudidaya Ikan Melalui Program Wakaf Uang


10 November, Bandung -
Wakaf Salman bersama mitra strategis ALAMI Sharia dan eFishery meluncurkan program kolaborasi dengan konsep program Cash Waqf Linked Peer to Peer (CWLP), bagi pembudidaya ikan dalam negeri, untuk pastikan tersedianya akses modal dan meningkatnya kapasitas usaha mereka. Program ini digagas dan disalurkan oleh ketiganya atas dasar potensi pada perdagangan produk perikanan yang meningkat signifikan sebesar 21,78% pada kuartal pertama tahun 2022. Bahkan menurut Badan Pusat Statistik (BPS) RI, nilai ekspor produk perikanan pada Maret 2022 menembus angka 548,35 juta USD.

CWLP berupaya mengintegrasikan dana wakaf uang yang dipadukan dengan layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara kreditur/lender (pemberi pinjaman) dan debitur/borrower (penerima pinjaman), berbasis teknologi informasi.

Dengan adanya tantangan tersebut, Wakaf Salman bergerak bersama ALAMI Sharia dan eFishery dalam menginisiasi program CWLP sebagai bentuk pendanaan untuk pembudidaya ikan agar mampu terus memenuhi kebutuhan pakan, yang merupakan hal paling dominan dalam budidaya ikan.

Dengan kerja sama ini, Wakaf Salman akan menyediakan dana wakaf yang akan diarahkan melalui platform pembiayaan secara peer-to-peer berbasis syariah, yaitu ALAMI Sharia, yang kemudian akan disalurkan kepada petani tambak dan pembudidaya ikan melalui platform eFishery nantinya.

“Kami sangat antusias untuk ikut serta dalam inisiatif program CWLP yang digagas oleh Wakaf Salman bersama ALAMI Sharia. Kolaborasi ini menawarkan solusi inovatif untuk membantu pembudidaya ikan Indonesia, karena dengan adanya program ini, petani tambak dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas panennya tanpa terbebani oleh praktik jual beli yang memberatkan” ujar Vira Septi Ayu Hasanah, Fund Business Development & Partnership Specialist Financing eFishery.

Program ini diharapkan mampu berkembang lebih besar dan berdampak, bahkan menginspirasi pelaku usaha lain untuk terbuka mengembangkan skema CWLP agar kebutuhan akses modal bagi pelaku usaha di berbagai sektor dapat terpenuhi, sekaligus menjadi contoh keberhasilan kolaborasi sektor swasta dan Lembaga filantropi dalam memajukan sektor perikanan budidaya Indonesia.

“Kami bersyukur dan bangga dapat bermitra dengan eFishery dan Wakaf Salman dalam program CWLP ini. Sebagai perusahaan peer-to-peer lending berbasis syariah, sedari awal fokus pada sektor produktif yang memiliki dampak besar bagi masyarakat seperti yang dilakukan jutaan pembudidaya ikan di Indonesia. Dalam berbagai kesempatan, kami juga terus menggabungkan inovasi bisnis dan kontribusi sosial, dibuktikan telah tercapainya pembiayaan Rp 5,1 triliun (akumulatif) kepada sektor produktif, bahkan meningkat di saat pandemi melanda.” kata Mochamad Nizar, Head of Strategic and Planning ALAMI Sharia.

Sementara itu, Ir. Hari Utomo M.B.A., selaku Direktur Wakaf Salman menyatakan sangat senang dalam menyambut program ini.

“Wakaf Salman dengan sukacita menyambut kolaborasi ini sebagai langkah maju yang signifikan dalam mewujudkan misi kemanusiaan kami. Program wakaf uang, atau CWLP, bukan hanya sekadar solusi keuangan, melainkan komitmen kita bersama untuk memberdayakan masyarakat, melalui prinsip ekonomi syariah”, sambung Ir. Hari Utomo M.B.A.



 

  • update
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman