Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

7 Amalan Bangun Tidur Sesuai Anjuran Rasulullah

Dalam Islam, setiap aspek kehidupan memiliki anjuran dan amalannya. Maka tidak heran jika Islam juga mengajarkan amalan bangun tidur bagi umatnya. Sebab, setiap hal yang Islam anjurkan sangatlah terperinci, mulai dari ketika kita bangun tidur untuk mengawali hari, hingga ketika hendak tidur untuk mengakhiri hari.

Melakukan amalan bangun tidur tentu merupakan suatu hal yang penting. Karena amalan bangun tidur yang dianjurkan Rasulullah merupakan perwujudan rasa syukur atas nikmat hidup dan nikmat sehat yang kita dapatkan.

Allah SWT berfirman

اَللّٰهُ يَتَوَفَّى الْاَنْفُسَ حِيْنَ مَوْتِهَا وَالَّتِيْ لَمْ تَمُتْ فِيْ مَنَامِهَا ۚ فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضٰى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْاُخْرٰىٓ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّىۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya: "Allah memegang nyawa (seseorang) pada saat kematiannya dan nyawa (seseorang) yang belum mati ketika dia tidur; maka Dia tahan nyawa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia lepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran) Allah bagi kaum yang berpikir." (QS. Az-Zumar Ayat 42).

Itulah sebabnya kita wajib mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas kesempatan yang masih diberikan-Nya kepada kita.

Bagi Sobat Wakaf yang dengan sengaja mencari dan hendak melakukan amalan bangun tidur yang diajarkan Rasulullah SAW, maka sahabat berada di pembahasan yang tepat. Di kesempatan kali ini, kami akan memberikan secara ringkas 7 amalan bangun tidur yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Pembahasan kali ini tak hanya seputar amalan bangun tidur saja. Melainkan bacaan doa bangun tidur, dan adab bangun tidur. Maka dari itu, yuk simak dan amalkan!

 

Bacaan Doa Bangun Tidur

Sebelum membahas amalan bangun tidur yang dianjurkan Rasulullah SAW, ada baiknya kita mengetahui lebih dahulu tentang doa bangun tidur. Kami merangkum dua bacaan doa bangun tidur mulai dari yang paling singkat hingga yang panjang sekalipun. Semua doa tersebut memiliki keutamaan yang sama, yaitu sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Berikut adalah Doa Bangun Tidur yang bisa kita lafalkan.

 

Doa Bangun Tidur Singkat

الحَمْدُ لِلهِ الًّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdulillâhil ladzî ahyânâ ba‘da mâ amâtanâ wa ilaihin nusyûr

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari Kiamat.”

 

Doa Bangun Tidur Panjang

الْحَمْدُ للهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ للهِ وَالْعُظْمَةُ وَالسُّلْطَانُ ِللهِ وَالْعِزَّةُ وَالْقُدْرَةُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ الْإِسْلَامِ وَعَلَى كَلِمَةِ الْإِخْلَاصِ وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مَحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. أَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحَيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ. أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَبْعَثَنَا فِى هَذَا الْيَوْمِ إِلَى كُلِّ خَيْرٍ وَنَعُوْذُ بِكَ أَنْ نَجْتَرِحَ فِيْهِ سُوْأً أَوْنجْرِهِ إِلَى مُسْلِمٍ أَوْ يُجْرِهِ أَحَدٌ إِلَيْنَا. نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nyalah kami kembali. Aku memasuki pagi, sedang kekuasaan tetap hanyalah milik Allah, kemuliaan dan kekuasaan milik Allah pula. (Dialah) Tuhan seru sekalian alam. Aku menyongsong pagi dengan kesucian Islam dan dengan kalimat ikhlas (syahadat) serta dengan agama (yang dibawa) Nabi Muhammad SAW. Juga dengan agama Bapak kami Ibrahim dengan berserah diri, serta bukanlah kami termasuk golongan orang-orang musyrik. Ya Allah dengan-Mu lah kami memasuki pagi dan sore, dengan-Mu lah kami hidup dan mati dan kepada-Mu lah kami kembali. Ya Allah kami mohon bangkitkanlah kami di hari ini pada kebaikan. Dan kami berlindung kepadamu dari mengerjakan keburukan ata mempekerjakan orang islam pada keburukan dan dipekerjakan orang untuk keburukan. Aku meminta kepada-Mu kebaikan hari ini dan kebaikan yang ada di dalamnya serta memohon perlindungan dari kejelekan hari ini dan kejelekan yang ada di dalamnya.”

 

Adab Bangun Tidur

Setelah memahami dan melafalkan doa bangun tidur, tidak ada salahnya kita melakukan adab-adab bangun tidur yang dianjurkan. Adab bangun tidur tersebut tentu diikuti dengan amalan bangun tidur yang kemudian akan kita bahas. Maka dari itu, yuk pahami dulu adab bangun tidur di bawah ini!

Adab bangun tidur:

  1. Biasakan bangun sebelum subuh
  2. Usap wajah dengan kedua tangan
  3. Membaca doa bangun tidur
  4. Bersiwak dan mencuci tangan
  5. Berwudhu

 

7 Amalan Bangun Tidur

Sebagaimana yang dibahas di awal tulisan, kami akan memberikan 7 amalan bangun tidur yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Amalan bangun tidur tersebut diterangkan dalam riwayat berikut:

فقد ورد عن عاءشة قالت: كان اذا قام اى استيقظ من منامه, كبر عشرا, و حمد الله عشرا, و سبح عشرا, و هلل عشرا, و استغفر عشرا, وقال: اللهم اغفرلى وارحمني واهدني وارزقني وعافني, و كان يتعوذ من ضيق المقام يوم القيامة, وفي رواية كان صلى الله عليه و سلم اذا استيقظ من منامه قرأ العشر الليات من اخر ال عمران.

Artinya:

“Telah datang dari Aisyah berkata: Nabi Muhammad ketika bangun dari tidurnya, membaca takbir (الله اكبر) sepuluh kali dan memuji kepada Allah ( dengan membaca, الحمد لله) sepuluh kali, dan membaca tasbih (سبحان الله) sepuluh kali, dan membaca tahlil (لا اله الا الله) sepuluh kali, dan membaca istighfar (استغفر الله العظيم) sepuluh kali. dan dia berdoa: اللهم اغفرلى وارحمني واهدني وارزقني وعافني dan dia (juga berdoa) meminta perlindungan dari sempitnya tempat di hari kiamat.”

Amalan Bangun Tidur:

  1. Membaca takbir (الله اكبر) sepuluh kali
  2. Memuji kepada Allah dengan membaca (الحمد لله) sepuluh kali
  3. Membaca tasbih (سبحان الله) sepuluh kali
  4. Membaca tahlil (لا اله الا الله) sepuluh kali
  5. Membaca istighfar (استغفر الله العظيم) sepuluh kali
  6. Membaca doa اللهم اغفرلى وارحمني واهدني وارزقني وعافني
  7. Berdoa meminta perlindungan dari sempitnya tempat di hari kiamat

Itulah tadi 7 amalan bangun tidur yang bisa kita lakukan ketika hendak melakukan aktivitas di pagi hari.

Di sisi lain, ada kebiasaan lain seorang Muslim yang kerap dilakukan untuk mendapatkan ganjaran pahala yang berlipat. Kebiasaan tersebut adalah Sedekah Subuh. Dengan kata lain, ketika kita bangun tidur, tidak ada salahnya untuk kita melakukan kebiasaan baik lainnya dengan beramal melalui program Sedekah Subuh. Karena untuk memulai hari, ada baiknya kita mengawalinya dengan hal baik.

Yuk, tunaikan Sedekah Subuhmu di Wakaf Salman!

  • Literasi
  • Artikel
  • Sedekah
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman