Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

5 Masjid Ternama Di Indonesia Ternyata Di Bangun Di Tanah Wakaf! Apa Saja Ya?

Masjid merupakan tempat ibadah milik umat Islam. Di Indonesia bangunan ini dapat ditemukan dimana saja, jadi setiap muslim yang sedang bepergian tidak perlu khawatir tidak dapat melakukan ibadah salat. Banyaknya tempat ibadah ini tidak lepas dari para donatur dan orang-orang yang menyedekahkan hartanya untuk pembangunan masjid. Harta tersebut tidak hanya berupa uang melainkan juga sebidang tanah yang disebut dengan tanah wakaf. Banyak bangunan ibadah umat muslim yang didirikan diatas tanah wakaf dan dapat memberi manfaat untuk seluruh umat muslim, bahkan menjadi bangunan ternama di suatu daerah. Yuk simak penjelasan berikutnya!

Masjid Agung Jawa Tengah

(Sumber: Crisco 1492)

 

Tempat ibadah ini terletak di wilayah Semarang, Jawa Tengah. Bangunan ini mulai didirikan pada tahun 2002 diatas tanah wakaf dari Ki Ageng Pandanaran I, bupati Semarang yang pertama. Masjid ini sudah digunakan sejak tahun 2004 dan diresmikan pada tahun 2006. Tempat ibadah yang megah ini dapat menampung 15.000 jamaah. Bangunan ibadah ini berdiri di lokasi yang strategis di pusat kota Semarang, di dekat pemerintahan dan juga di dekat pusat perdagangan. Saat berkunjung ke Semarang, luangkan waktu untuk melaksanakan ibadah shalat di tempat ibadah yang megah ini. 

Masjid Demak

(Sumber: Dinas Pariwisata Kabupaten Demak)

 

Bangunan ibadah ini merupakan bangunan ibadah tertua yang didirikan diatas tanah Wakaf. Masjid Demak berdiri diatas tanah wakaf dari Raden Fatah, sultan pertama dari Kerajaan Demak. Dilansir dari laman resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, tempat dibangunnya masjid ini dulunya merupakan tempat berkumpulnya Wali Songo. Maka tidak heran jika Demak disebut dengan Kota Wali. Arsitektur dari bangunan ini dibuat dengan sederhana, namun tetap terlihat megah, dan berkarismatik. Atap dari bangunan ini mencerminkan akidah Islam yakni Iman, Islam dan Ihsan. Saat berkunjung ke daerah ini pastikan untuk datang ke tempat ibadah yang satu ini ya! Terletak tidak jauh dari tempat ibadah ini, terdapat museum yang dapat dikunjungi saat ke Demak. Museum ini berisi peninggalan-peninggalan sejarah Islam.

Masjid Agung Cipta Rasa

(Sumber: Bellmaker5698)

 

Terletak di Kota Cirebon, Jawa Barat. Masjid Agung Cipta Rasa tidak hanya menjadi pusat wisata religi, tetapi juga wisata bersejarah. Bangunan ini dikenal dengan nama Masjid Sunan Gunung Jati karena didirikan di bawah pemerintahan Sunan Gunung Jati. Keunikan dari bangunan ibadah ini adalah pada saat salat Jum’at, adzan tidak hanya dikumandangkan oleh satu muadzin melainkan 7 muadzin untuk memanggil para jamaah. 

Masjid Ampel

(Sumber: Tourism Surabaya)

 

Bangunan ibadah yang juga terkenal dengan peninggalan sejarah ini terletak di daerah Ampel. Bangunan ini didirikan oleh Raden Rahmat yang dikenal dengan kepandaiannya terhadap ilmu agama. Tempat ibadah ini didirikan dengan kayu jati yang didatangkan dari beberapa wilayah di Jawa Timur, tidak heran jika Masjid Ampel sangat kokoh. Layaknya masjid pada umumnya, bangunan ini juga terawat dan terjaga kebersihannya. Selain sebagai tempat ibadah, bangunan ini juga kerap dikunjungi sebagai destinasi wisata religi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Menara Kudus

 

Bangunan ibadah yang sangat populer di wilayah Kudus adalah Masjid Menara Kudus. Nama sebenarnya dari bangunan ini adalah Al-Aqsha Manarat Kudus. Pemberian nama oleh Sunan Kudus ini menggambarkan kerinduannya terhadap tanah kelahirannya di Palestina, maka bangunan ini diberi nama Menara Kudus. Jika dilihat dari arsitektur bangunannya yang didominasi dengan simbol-simbol agama Hindu dan Budhha, bangunan ibadah umat Islam ini menjadi simbol toleransi di tanah Jawa. Sempatkan untuk melaksanakan salat di tempat ibadah ini ya saat berkunjung ke Kudus!

Bangun Masjid Dengan Berwakaf! Ayo Kunjungi Wakaf Salman!

Setelah membaca deretan tempat ibadah yang dibangun di tanah wakaf di atas. Apakah kamu tertarik untuk berwakaf mendirikan bangunan ibadah? Atau kamu sedang kebingungan harus berwakaf dimana? Jangan sampai bingung ya! Karena Wakaf Salman menyediakan wakaf online untuk pembangunan tempat ibadah untuk saudara mualaf kita di Papua.


Yuk, Kunjungi Wakaf Salman! Platform wakaf online yang amanah, transparan dan profesional berbasis teknologi informasi. Lembaga pengelola wakaf yang mendorong kemajuan peradaban umat dan dengan mempertimbangkan aspek kemaslahatan dan kemanusiaan berlandaskan nilai-nilai islami.

    • Wakaf Salman
    • Wakaf Salman
    • Wakaf Salman
    • Wakaf Salman