Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Wakaf Sistem Air Bersih Mudahkan Warga Kampung Cisaat

KABAR WAKAF - Pada Jumat (1/7/2022), Wakaf Salman meresmikan program wakaf sistem air bersih di Kampung Cisaat, Pangalengan.

Sulitnya Akses Air Bersih di Kampung Perbukitan Bandung

Sahabat Wakaf, lokasi Kampung Cisaat berada di Desa Margaluyu Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Selama ini, warga Kampung Cisaat mengambil air bersih dari satu sumber mata air. Namun untuk mengaksesnya, butuh berjalan kaki sejauh 2 km.

Selain itu, warga mendapatkan pasokan air dari hasil menampung air hujan. Tidak aneh apabila Sahabat berkunjung ke Kampung Cisaat, ditemukan banyak tandon-tandon air. Warga yang berjumlah sekitar 100 KK di sini telah terbiasa melakukannya sejak mengalami kekurangan air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Sebelum dilangsungkan instalasi sistem air bersih, Wakaf Salman dan kolaborator melakukan penelusuran masalah. Ternyata, ketersediaan air bersih ini juga berdampak pada berbagai aktivitas kehidupan warga Kampung Cisaat. Termasuk diantaranya yakni urusan beribadah. Air untuk berwudhu seperti di masjid At-Taubah, cukup terbatas. Ini merupakan satu dari sekian urusan fundamental yang harus segera terselesaikan.

Wakaf Sistem Air Bersih & Tim “Makmur Berkah Salman”

Atas informasi kesulitan air yang dialami warga Kampung Cisaat, proses penyaluran wakaf sistem air dilaksanakan. Alhamdulillah, wakaf atau sedekah jariyah dari Sahabat Wakaf Salman mempermudah harapan mereka terwujud. Yakni untuk hidup lebih lancar dengan air mengalir, serta kembali memakmurkan masjid. Perlu diketahui bahwa sebetulnya aktivitas mengaji dan keagamaan lainnya masih aktif. Terutama untuk anak-anak yang kelak bisa meneruskan kemajuan Kampung Cisaat ini.

Alhasil, telah dibangun bak penampungan dekat sumber mata air berkapasitas 12 ribu liter. Pengaliran air didukung oleh pemasangan listrik 3.500 Watt yang dipasang di masjid dan mesin pompa air. Sementara akses untuk warga dilengkapi dengan pipanisasi tersistem.

Tepat pada tanggal 17 Juni 2022, terbentuklah tim bernama “Makmur Berkah Salman”. Tim inilah yang akan secara langsung mengawal agar sistem air bersih hasil wakaf tersebut bisa berjalan dengan baik. Harapannya, air bersih yang telah mengalir ini dapat mendatangkan keberkahan bagi warga Kampung Cisaat. Ke depan program wakaf sistem air ini akan dilanjutkan dengan pembuatan sistem sanitasi yang sehat dan konservasi lingkungan berupa penanaman pohon agar mata air di sana dapat terus mengalirkan manfaat.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Wakaf Salman yang telah membantu warga kami di Kampung Cisaat ini. Dengan air bersih ini, warga lebih mudah beribadah dan memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Insya Allah air ini akan kami pergunakan sebaik-baiknya agar terus mengalirkan pahala jariyah bagi para donatur," pesan Ruhimat, Kepala Desa Margaluyu, Pangalengan, Kab. Bandung.

Masih banyak lokasi lainnya seperti Kampung Cisaat yang membutuhkan gotong royong dengan wakaf. Sebagaimana wakaf Utsman bin Affan r.a membebaskan warga Madinah dari krisis air, Wakaf Salman mengundang Sahabat untuk menyambung kebaikan wakaf, tebar manfaat berkelanjutan, dan raih pahala jariyahnya.

  • update
  • wakaf
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman