Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Wakaf Salman ITB & Human Initiative Resmikan Wakaf Sarana Air Bersih Kuningan

Peresmian Wakaf Sarana Air Bersih "Air Untuk Semua"

Sahabat Wakaf, Alhamdulillah Wakaf Salman ITB bersama Human Initiative telah melaksanakan Peresmian Wakaf Sarana Air Bersih "Air Untuk Semua" untuk warga di Kampung Baru Pahing, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, Kamis (24/2/2022).

Dalam rangkaian acara tersebut diisi dengan silaturahmi yang dihadiri instansi setempat seperti pihak Kecamatan Ciniru, Stakeholder maupun seluruh warga setempat.

Selain itu, terdapat agenda potong pita di area Mandi, Cuci, Kakus (MCK) dan tempat penampungan air sebagai bentuk simbolisasi sekaligus meresmikan kedua sarana  prasarana yang telah terealisasi pembangunannya.

Kini warga Kampung Baru Pahing, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan mempunyai sistem sarana air bersih yang layak untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga sehari-hari.

Mengingat kebutuhan air ini sangat penting bagi kehidupan, warga Kampung Baru Pahing sekarang sudah tidak perlu merasa khawatir akan akses air bersih yang sulit. Karena dengan adanya bak penampungan air berkapasitas 16 ribu Liter diharapkan dapat memudahkan akses untuk mengaliri atau memenuhi kebutuhan air bersih seluruh warga.

Dampak Bencana Longsor

Warga Kampung Baru Pahing merupakan warga Dusun Pinara yang direlokasi dari lokasi bencana tanah longsor yang melanda empat desa di Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada tahun 2018 lalu. Keempat desa tersebut diantaranya Desa Pinara, Babakan, Cihanjuang, Cijoho.

Kejadian tersebut memaksa warga untuk selalu tabah dan berpindah tempat tinggal untuk mengungsi dan menempati Hunian Sementara (Huntara) selama tiga tahun. Namun saat ini Kampung Baru Pahing ini sudah menjadi Hunian Tetap (Huntap) bagi warga Desa Pinara, meskipun secara geografis bisa dibilang status warga Desa Pinara berpindah menjadi Kampung Baru Pahing.

“Secara geografi kita pindah desa dan itu bukan berarti kita akan meninggalkan tanah kelahiran tetapi itu suatu kiprah bagi kami karena tanah yang tempat yang kami tinggali itu sangat labil,” ujar Maman selaku perwakilan warga Kampung Baru Pahing saat ditemui di lokasi.

Saat ini jumlah kependudukan Kampung Baru Pahing berjumlah 92 rumah yang terdiri dari 115 Kepala Keluarga (KK). Dari total  115 KK ini terdapat satu rumah yang diisini oleh dua KK hingga tiga KK karena tidak semua per satu KK mendapat bantuan dari pemerintah, dengan seluruh total warga berjumlah 374 jiwa.    

Oleh karena itu seluruh sarana dan prasarana penunjang kebutuhan utama warga Kampung Baru Pahing harus dibangun dari awal dengan segala keterbatasan.

Kolaborasi Adalah Kunci

Alhamdulillah, akhirnya Wakaf Salman bersama Human Initiative Jawa Barat dapat berkolaborasi memenuhi kebutuhan penunjang kehidupan utama warga Kampung Baru Pahing. Diantaranya dengan membangun Solar Cell untuk tambahan energi listrik yang dipasang di Masjid Al-Fatih hingga untuk memenuhi kebutuhan utama yaitu saluran air bersih dan MCK.

General Manager Program Wakaf Salman, Yandi Ginanjar mengatakan bahwa kolaborasi menjadi langkah atau kunci penting dalam membantu sesame yang membutuhkan.

“Lembaga filantrofi sudah tidak zaman main bendera-bendera sendiri harus berkolaborasi. Karena tujuannya sama membantu masyarakat yang membutuhkan udah kerja sama aja kita berkolaborasi jamannya bersatu,” ujarnya.

Hal tersebut senada dengan yang dikatakan Kepala Cabang Human Initiative Jawa Barat, Indra Budi Legowo bahwa dalam kolaborasi dapat menghasilkan beragam hal-hal baik.

“Sekarang bukan saatnya saling berkompetisi, tapi kita saling berkolaborasi supaya apa yang baik semakin baik, apa yang sedikit bisa semakin banyak, apa yang kurang cukup dapat tercukupi dalam proses pembangunan di dusun pahing ini mudah mudahan barokah,” Ujarnya.

Tahap bantuan pertama yang dilakukan adalah pemasangan Solar Cell yang dipasang di atap Masjid Al-Fatih. Kemudian pembangunan bak penampungan dan saluran air berkapasitas 16 ribu liter untuk menampung air yang mengalir dari aliran sumber air yang kemudian untuk diteruskan kepada seluruh warga. Berbarengan dengan pembangunan bak penampungan dan saluran air, dibangun juga fasilitas MCK yang tak kalah pentingnya bersebelahan dengan Masjid Al-Fatih. Selain untuk kegiatan MCK saja namun juga dapat digunakan untuk sarana bersuci sebelum melaksanakan ibadah salat. 

Insya Allah dengan adanya fasilitas penunjang seperti Solar Cell dan khususnya bak penampungan air bersih hingga MCK ini dapat menunjang dan memudahkan segala kebutuhan warga Kampung Baru Pahing.

Karena setelah dilakukan analisis lebih lanjut, kebutuhan yang paling mendesak dan utama di Kampung Baru Pahing ini adalah air bersih, sebab warga disini belum memiliki sistem sumber air yang layak.

Apreasiasi dan Antusias

Peresmian Wakaf Sarana Air Bersih "Air Untuk Semua" untuk warga di Kampung Baru Pahing ini mendapat tanggapan dan apresisi positif dari Perwakilan Kecamatan Cinuru, Iman Akomayudin, yang menyebut segala bentuk program hingga peresmian ini sangat membantu dan berdampak bagi warga Kampung Baru Pahing.

Merasa bangga dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan yang sudah merekomendasikan tempat ini juga mewakafkan sebagian rezekinya untuk membangun sarana dan prasarana baik penampungan hingga mck. Mudah-mudahan apa yang diberikan ini bermanfaat bagi masyarakat Dusun Pahing dan saya juga mengapresisasi kedua Wakaf Salman dan Human Inititative mudah-mudahan tetap sukses tetap jaya dan menyalurkan apa yang diperlukan oleh masyarakat. Saya doakan semuanya semoga selalu dalam lindungan Allah SWT,” ujarnya.

Adapun perwakilan warga Kampung Pahing, Maman yang merasa antusias dan sangat berterima kasih serta berharap segala bentuk bantuan yang telah diberikan dapat menjadi kebaikan jangka panjang.

“Kami yang mewakili warga kampung baru desa rambatan Alhamdulillah kita hari ini telah diresmikan bak penampungan sekaligus MCK dan mudah- mudahan apa yang telah diwakafkan ke warga kami itu menjadi amalan dan mendapat balasan dari Allah SWT. Kami berharap ada lagi program yang bisa meningkatkan ekonomi kami disini,” ujarnya.

Alhamdulillah, Jazakumullah khayran katsiran. Dengan terlaksananya peresmian ini tidak terlepas dari segala kebaikan, do’a dan dukungan dari para waqif, donatur dan sahabat wakaf semua.

Semoga segala bentuk amal kebaikan yang kita lakukan dapat menjadi bekal dan mengalir terus seperti air yang mengalirkan kebaikan pada seluruh warga Kampung Baru Pahing. 

“Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitannya pada hari kiamat. Barang siapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat…” (H.R Muslim).

  • update
  • wakaf
  • Artikel
  • event wakaf
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman