Wakaf Produktif, Apa Itu?

Wakaf Produktif, Apa Itu?

By Ceu Nazhir

14/10/2021

#SahabatPenderma, pasti pernah mendengar Utsman bin Affan r.a 'kan? Betul, beliau adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad Saw. yang terkenal karena kekayaannya. Bukan hanya itu, beliau jugalah yang terkenal di kalangan cerita wakaf zaman dahulu.

Utsman bin Affan bukan hanya pernah mewakafkan air melalui sumur yang ia beli. Ternyata, ia juga adalah wakif di balik berdirinya hotel dan kebun kurma di Arab Saudi sekarang ini.

Lhoo, beliau 'kan sudah meninggal dunia?

Betul, memang beliau sudah tiada. Tapi, manfaat dari harta yang beliau wakafkan tetap ada hingga beribu-ribu tahun saat ini. Hotel dan kebun kurma itu berasal dari sumur Utsman yang semakin meluas. Bayangkan, berapa pahala jariyah yang terus Utsman tuai hingga saat ini?/

Itulah salah satu contoh wakaf produktif. Harta benda yang telah diwakafkan, tidak hanya ditahan atau dibangun menjadi sebuah bangunan. Tetapi, nilai manfaatnya terus bergulir. Wakaf Utsman yang semula bernilai 20 ribu dirham saat itu, sekarang terus meningkat. Melalui penjualan buah-buah kurma, penyewaan hotel, dan hasilnya diputar kembali membangun kemaslahatan umat.

Begitu pun Wakaf Salman ingin bersama-sama dengan #SahabatPenderma membangun Wakaf Produktif untuk memberikan akses kesehatan bagi masyarakat khususnya dhuafa.

Literasi
wakaf
Artikel

Bagikan :

Literasi
wakaf
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us