Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Wakaf Itu Ibadah Saling Menguntungkan

Wakaf bukanlah ibadah yang pemanfaatanya hanya sekali pakai melainkan terus bergulir dan lestari, sehingga umat bisa terus memanfaatkan harta benda tersebut. Selama harta wakaf tersebut dikelola oleh nazhir dengan amanah, Insyaallah memberi hasil yang baik sebagaimana sifat wakaf yang harus produktif.

Oleh karena itu, wakaf menjadi ibadah harta yang menguntungkan bagi wakif karena menjadi amal jariyah yang akan terus mengalirkan pahala. Selain itu, mauquf’alaih (penerima manfaat) pun juga mendapatkan keuntungan dengan menerima manfaat dari harta yang diwakafkan.

Wakaf kendaraan ambulans termasuk wakaf produktif, karena manfaatnya akan terus dirasakan oleh masyarakat di sekitar lalu lalang ambulans tersebut. Walaupun begitu, dalam pelaksanaannya tetap membutuhkan biaya operasional untuk sopir, bensin, hingga perawatan ambulans agar tetap berfungsi secara produktif dan memberi kebermanfaatan untuk khalayak. Saat ini pun, Wakaf Salman tengah mengupayakan bantuan ambulans untuk misi kemanusiaan di Palestina.

Selain itu, Wakaf Salman ITB pun memiliki banyak program yang berkaitan dengan wakaf produktif. Diantaranya adalah program 1000 Masjid yang berupaya memakmurkan masjid dengan gerakan urban farming untuk jamaah dan masyarakat setempat. Panennya saat ini sudah dirasakan hingga berkwintal-kwintal hasilnya dibagikan kembali kepada masyarakat sekitar masjid.

Bukan hanya jangkauan berdasarkan daya kebermanfaatannya saja. Dampak positif wakaf, bisa menjangkau wilayah penyaluran se-Indonesia dan sedunia. Untuk itu, kita melakukan berbagai kolaborasi dengan komunitas maupun lembaga nonprofit di wilayah-wilayah tujuan. Semakin menambah peluang keran-keran kebaikan terbuka di setiap sudut keberadaan makhluk di bumi. Karena itu pun, insyaallah semakin menambah deras pahala jaryah yang mengalir darinya untuk para wakif (pemberi wakaf).

“ Apabila seorang manusia itu meninggal dunia, maka terputuslaah amal peerbuatan kecuali 3 hal yaitu sedekah jariyah, ilmu pengetahuan yang bermanfaat, dan anak sholeh yang selalu mendoakan.” (hadis riwayat Muslim)

Lalu apa peran kami, Wakaf Salman ITB? Kami adalah nazhir, lembaga pengelola wakaf resmi yang insyaallah menyambungkan wakif dengan mauquf 'alaih dalam kebaikan. Senantiasa amanah agar setiap manfaat yang terus menerus dan berkelanjutan dapat kita rasakan bersama-sama.

  • Literasi
  • wakaf
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman