Wakaf Atas Nama Orang Tua

Wakaf Atas Nama Orang Tua

By Markom Wakaf Salman

14/09/2020

Bakti pada Orang Tua dengan Berwakaf

Sebagai seorang anak, berbakti kepada orang tua adalah hal yang diwajibkan oleh Allah SWT dalam Alquran. Sebagaimana nasihat Lukman kepada anaknya dalam Surat Luqman: 13-15.

Dan ketika Luqman berkata kepada anaknya pada saat dia memberi pelajaran kepadanya, “Hai anakku, janganlah kamu menyekutukan Allah. Sesungguhnya mempersekutukan itu benar-benar merupakan kedzaliman yang besar.” (13) 

Dan kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya Akulah tempat kembali. (14) 

Dan jika keduanya memaksa mu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak kamu ketahui, maka janganlah kamu menaati keduanya, namun bergaullah dengan keduanya di dunia dengan baik. Ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian kepada Akulah tempat kamu kembali, lalu aku beritahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan. (15)

Berbakti pada orang tua bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain berbuat baik kepadanya, ada salah satu cara yang bisa dilakukan oleh kita sebagai seorang anak. 

Apalagi saat orang tua sudah tiada, kita bisa memberikan bakti kita yang terbaik untuknya. Yaitu, dengan wakaf untuk orang tua. 

Dari Abdullah bin Abbas ra bahwa Saad bin Ubadah ibunya meninggal dunia ketika ia tidak ada di tempat, lalu ia datang kepada Nabi Muhammad SAW untuk bertanya  "Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal sedang saya tidak ada di tempat, apakah jika saya bersedekah untuknya bermanfaat baginya"? Rasul SAW menjawab : "Ya", Saad berkata : "Saksikanlah bahwa kebunku yang banyak buahnya aku sedekahkan untuknya". (HR.Bukhari)

Allah SWT memberikan banyak peluang bagi kita untuk sebanyak-banyaknya melakukan bakti kepada orang tua. Yakni menghadiahkan harta dengan wakaf atas nama orang tua. Meskipun orang tua telah meninggal, amalan kita sebagai anak akan dinikmati pula karena amal sholeh kita.

Lantas, wakaf atas nama orang tua ini akan mendukung bakti kita kepada orang tua. Kita bisa memberikan jalan yang luas serta sedekah jariyah yang amalannya tidak akan terputus. Manfaatnya untuk banyak orang serta bagi yang berwakaf di atasnya.

Wallahu 'ala bishshawaab. 

 

Yuk Tunaikan Wakaf atas Nama Orangtua

Literasi
wakaf
Artikel

Bagikan :

Literasi
wakaf
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us