Wakaf 7in1, Kemudahan Multi-Kebaikan

Wakaf 7in1, Kemudahan Multi-Kebaikan

By Markom Wakaf Salman

03/11/2022

Bandung (3/11) - Jabar Explore 2022 digelar di Bandung Convention Centre, Kota Bandung pada tangal 2-6 November 2022. Sekitar 30 ribu pengunjung hadir dan datang ke 200 stan. Juga menyaksikan berbagai agenda, penampilan musisi lokal, serta nasional. Salah satunya yakni acara peluncuran Wakaf 7in1 oleh Wakaf Salman, serta Talkshow bersama Mang Jack (juru parkir inspiratif yang bangun sekolah dan kampungnya).

Melalui talkshow, Mang Jack sosok juru parkir inspiratif yang telah berjasa memudahkan akses pendidikan dengan membangun sekolah nonformal di Rancaekek dan memudahkan akses ibadah dengan menginisiasi pembangunan masjid di Garut menceritakan suka-dukanya. Selama prosesnya, ia juga dibantu oleh para wakif dan donatur melalui Wakaf Salman ITB sebagai lembaga pengelola wakaf resmi di bawah naungan Yayasan Pembina Masjid Salman ITB. Penyaluran program untuk membantu Mang Jack itu menjadi portofolio realisasi beberapa program di Wakaf 7in1. Seperti yang telah disampaikan bahwa kemudahan berbuat 7 kebaikan dalam satu amalan sekaligus ini terdiri dari Program Rumah Sakit Salman Hospital, Masjid, Air, Pendidikan, Ekonomi Produktif, Operasional Dakwah, dan Kemaslahatan Umat.

Selayaknya manfaat wakaf, infak, dan sedekah yang saat ini diterima oleh 1.534.238 penerima manfaat Wakaf Salman maka besar harapan warga lainnya yang masih membutuhkan bantuan untuk bisa merasakannya juga.

"Dengan adanya wakaf 7 in 1 ini donatur bisa memilih apakah mau berdonasi untuk satu program saja seperti biasa... ataukah mau sekali berdonasi tapi bisa mendanai semua program di Wakaf Salman yang jika dikelompokkan ada 7 jenis... sehingga dengan nilai nominal yang sama kemanfaatannya menjadi lebih luas... itulah spirit dari Wakaf 7in1... 7 kebaikan dalam 1 amalan," ungkap Gun Gun, General Manager Wakaf Salman.

Program Wakaf 7in1 sendiri meliputi:

  1. Program Rumah Sakit
    Rumah Sakit Salman Hospital hadir untuk memenuhi kebutuhan 3.700 tempat tidur yang seeharusnya dimiliki warga Kabupaten Bandung sesuai standar WHO. Juga akan berfungsi menjadi rumah sakit pertama dengan sistem & pelayanan bernilai Safe, Smart, Syar’i, Suistainbility, dan Hospitality yang ke depannya insyaallah mampu meringankan beban perawatan jasmani & rohani wargi Jawa Barat dengan dukungan skema Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF).
  2. Program Masjid
    Contoh satu diantara banyak masjid yang sudah kita bangun, Masjid Salman ITB dengan daya tampung 1.500 jemaah. Ibadah para jemaah bisa lebih lancar dan nyaman. Setiap shalat yang ditegakkan itu, doa yang dipanjatkan, dan dakwah yang jemaah syiarkan maka nilai ibadahnya juga didapatkan oleh wakif.
  3. Program Pendidikan
    Setiap satu penerima manfaat program ini, bisa mengenyam pendidikan dan tidak lagi terhitung sebagai salah satu dari 75.303 anak yang putus sekolah (data per tahun 2021). Mereka generasi penerus bangsa yang perlu kita bantu baik dalam bentuk sarana & prasarana sekolah, perawatan kebersihan fasilitas belajar sehingga mereka tidak jatuh sakit, maupun dengan pengajaran berbasis Islami.
  4. Program Air
    Berkat air bersih yang mengalir, masyarakat di wilayah pelosok lebih mudah beribadah. Mulai dari mengefektifkan waktu hingga 6 kali lipat dan mendekatkan sumber air hingga 5 km. Alhasil, aktivitas bersekolah, bekerja, dan shalat saudara-saudari kita lebih tepat waktu dan setiap tetes air yang telah mereka gunakan menjadi aliran doa untuk para donatur.
  5. Program Ekonomi Produktif
    Berbeda dengan unit usaha biasa, unit usaha ini berdampak positif secara berlapis. Manfaat tersebut diantaranya membuat sektor UMKM Indonesia bangkit, lapangan pekerjaan semakin terbuka, hingga perputaran uang untuk menghindari inflasi terus terjaga.
  6. Program Kemaslahatan Umat
    Demi kelancaran aktivitas kehidupan sehari-hari ataupun kebutuhan mendesak yang dirasakan para penerima manfaat, maka program yang mencakup pembangunan infrastruktur dan pembangunan manusia akan menjadi jawaban. Ibarat saling melengkapi baik untuk kebutuhan umat secara fisik melalui pengadaan fasilitas umum yang layak, maupun secara rohani melalui pemenuhan kesejahteraan sehingga ibadah mereka tetap terjaga.
  7. Program Operasional Dakwah
    Jarak tempuh sejauh 3.381 km yang dilalui Wakaf Salman untuk menyalurkan amanah kebaikan ke pelosok Indonesia, membutuhkan perpanjangan tangan serta pemenuhan kebutuhannya agar amanah wakif & donatur terdistribusikan dengan baik. Untuk itulah program ini hadir.

Untuk tanya-jawab informasi selengkapnya mengenai program ini, Sahabat Wakaf Salman bisa mengaksesnya melalui Direct Message Instagram @wakafsalman.itb ataupun langsung klik ikon Whatsapp di layar sekarang. Insyaallah setiap 7 kebaikan dalam 1 amalan yang Sahabat tunaikan #pastimakinmanfaat

Literasi
wakaf
Artikel
event wakaf

Bagikan :

Literasi
wakaf
Artikel
event wakaf
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us