Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Wakaf Salman Rangkul RSUD Taman Sari dan Perdami DKI Jakarta dalam Program Cegah Katarak

Wakaf Salman menggandeng RSUD Taman Sari Jakarta dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) DKI Jakarta untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pencegahan katarak, dalam program Webinar Kesehatan yang bertajuk ‘Cegah Kebutaan Akibat Katarak’, pada hari Selasa (23/1/24), via Zoom secara daring. Webinar ini merupakan rangkaian pra-acara dari acara inti, yaitu, pemberian layanan operasi katarak gratis untuk guru ngaji dan kaum dhuafa, yang kelak akan dilaksanakan pada hari Selasa (30/1/24) dan Sabtu (3/2/23), di RSUD Taman Sari Jakarta.

Ir. Hari Utomo M.B.A., selaku Ketua Wakaf Salman menyatakan bahwa salah satu tantangan utama yang dihadapi masyarakat saat ini adalah minimnya edukasi dan kesadaran masyarakat itu sendiri akan pentingnya menjaga penglihatan mata kita agar tetap sehat.

“Kolaborasi ini berangkat atas keresahan masyarakat, yang mana akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan mata masihlah sangat terbatas, termasuk bagi guru ngaji dan masyarakat dhuafa” kata Hari.

“Maka dari itu, kami bersama RSUD Taman Sari Jakarta dan PERDAMI DKI Jakarta berupaya melakukan langkah konkrit dalam mengatasi permasalahan tersebut, dimulai dari hal terkecil, yaitu edukasi terhadap masyarakat melalui webinar ini” ujar Hari menambahkan.

Webinar yang berlangsung selama lebih dari satu jam ini menghadirkan seorang dokter spesialis mata sebagai narasumber utama, yaitu, Dr. Faraby Martha, Sp.M (K). Dalam kesempatan ini, Dr. Faraby menegaskan pada audiens bahwa walaupun katarak merupakan salah satu penyebab kebutaan, namun katarak dapat disembuhkan, yaitu dengan cara operasi.

“Saya mengajak lewat webinar ini untuk sahabat-sahabat semua agar lebih aware terhadap kesehatan mata” ujar Dr. Faraby.

Sementara itu, Dr. Agus Ariyanto Haryoso, MARS, selaku Direktur RSUD Taman Sari Jakarta menjelaskan bahwa RSUD Taman Sari Jakarta memiliki layanan unggulan, yaitu di bidang kesehatan mata.

“Kegiatan kolaborasi antara RSUD Taman Sari Jakarta, Wakaf Salman, dan Perdami DKI Jakarta ini merupakan salah satu misi utama kami dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat terkait kesehatan mata.” ujar Dr. Agus.

Sambutan positif juga diberikan oleh Ketua Perdami DKI Jakarta, dr. Julie Dewi Barliana. Ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Wakaf Salman dan RSUD Taman Sari Jakarta dalam program kolaborasi ini. Akhir kata, dr. Julie juga menyatakan harapannya agar program operasi katarak gratis yang akan dilaksanakan oleh ketiga pihak ini di pekan depan agar berjalan lancar

  • Literasi
  • Kesehatan
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman