Wakaf Salman dan IA ITB Resmikan Mesin Pengolahan Air di Kab. Demak

Wakaf Salman dan IA ITB Resmikan Mesin Pengolahan Air di Kab. Demak

By Irsan

21/03/2023

YPM Salman ITB bersama Wakaf Salman dan Ikatan Alumni ITB (IA ITB) menyerahterimakan sekaligus meresmikan Mesin Instalasi Pengolahan Air (IPA) kepada warga Desa Raji, Kabupaten Demak. Kegiatan peresmian ini dihadiri serta disaksikan oleh warga setempat hingga pemerintah daerah Kabupaten Demak pada Rabu (15/03).

Berjalannya program ini berawal dari wakaf mesin IPA pemberian salah satu alumni senior di Mesin ITB yang tidak ingin disebutkan namanya. Lalu wakaf mesin tersebut di rekomendasikan oleh  Dosen Geologi ITB Arif Susanto kepada Rektor Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Demak  Mohhamad Kusyanto, yang selanjutnya disambungkan dengan pemerintah daerah. 

Sebelumnya, warga Desa Raji kesulitan menemukan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak dan mencuci. Sehingga para warga hanya memanfaatkan Pamsimas (Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) yang kondisi airnya pun kurang baik. Tak hanya itu, beberapa warga bahkan ada yang memanfaatkan air sungai yang jauh dari standar air bersih.

Harapannya, dengan adanya mesin IPA dengan kapasitas mesin untuk 2.000 KK tersebut, dapat membantu para warga Desa Raji akan kebutuhan air bersih yang dapat dimanfaatkan oleh 1.000 Kepala Keluarga (KK) untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

update

Bagikan :

update
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us