Wakaf Salman Bersama RSUD Taman Sari Jakarta dan Perdami DKI Jakarta Melakukan Skrining Katarak Menjelang Operasi Katarak Gratis

Wakaf Salman Bersama RSUD Taman Sari Jakarta dan Perdami DKI Jakarta Melakukan Skrining Katarak Menjelang Operasi Katarak Gratis

By Rizky Mardiyansyah

31/01/2024

Wakaf Salman menggandeng RSUD Taman Sari Jakarta dan Perdami DKI Jakarta dalam program kolaborasi skrining katarak yang dilaksanakan pada hari Selasa (30/1/24), di RSUD Taman Sari Jakarta, Jakarta Barat. Kegiatan skrining tersebut dilakukan sebagai proses seleksi pasien katarak yang kompatibel untuk kemudian bisa mengikuti tahap operasi, yang akan dilakukan pada hari Sabtu (3/2/24), di tempat yang sama, yaitu RSUD Taman Sari Jakarta.

Sebanyak 170 pasien dari berbagai daerah termasuk Puncak Bogor, Tangerang, hingga Bandung, terlihat dengan antusias memenuhi Aula dr Budhi Prayudi RSUD Taman Sari Jakarta dari mulai jam 8 pagi, hingga acara selesai. Selain proses skrining, agenda ini juga sekaligus menjadi ajang edukasi bagi masyarakat umum, khususnya mereka yang tidak dapat menjangkau informasi terkait penanggulangan katarak ini.

“Saya tahu ada program operasi gratis ini dari menantu. Semenjak menderita katarak, penglihatan saya jadi terganggu, bahkan untuk melihat cucu pun tidak bisa.” kata Siti Nurjanah (66), salah seorang pasien asal Puncak Bogor.

“Jika operasi ini lancar, harapan saya hanya satu, yaitu, ingin bisa mengaji kembali. Karena saat ini untuk membaca huruf-huruf di Al Quran pun saya sudah tidak sanggup” ucap Siti sambil menangis.

Program kolaborasi ini dapat berjalan berkat peran para donatur Wakaf Salman, termasuk di dalamnya para mitra yang terus memberi dukungan.

“Kami berterima kasih kepada para donatur, termasuk mitra yang terlibat seperti Majelis Taklim XL Axiata, bjb Digi, OCBC NISP Syariah, Big Amal, Baznas RI, dan Rumah Amal Salman yang sudah mendukung sehingga acara skrining pra-operasi katarak gratis ini dapat berjalan dengan lancar” ujar Ryan Faisal, selaku Manager of Waqf Development, Wakaf Salman.

Ryan juga menyatakan harapan terlaksananya acara ini yaitu untuk bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat, khususnya mereka yang terjangkit penyakit katarak dan tidak memiliki akses informasi, edukasi, dan pemeriksaan terhadap penyakit ini.

Sementara itu, dr Agus Ariyanto Haryoso MARS, sebagai Direktur RSUD Taman Sari Jakarta, menjelaskan bahwa program penanggulangan katarak bersama Wakaf Salman dan Perdami DKI Jakarta ini merupakan kegiatan yang sesuai dengan layanan unggulan RSUD Taman Sari, yaitu terkait kesehatan mata.

“Alhamdulillah upaya yang telah terpikirkan bersama ini ternyata diminati oleh masyarakat. Kami, RSUD Taman Sari Jakarta akan selalu suport semua kegiatan ini.” Ujar dr Agus.

Hal yang sama dikatakan oleh dr Rita Maulana Sp.M, selaku Ketua Seksi Pemberantasan Buta Katarak, Perdami DKI Jakarta. Menurutnya, upaya yang dilakukan bersama ini merupakan upaya positif yang harus didukung. dr Rita juga berterima kasih kepada RSUD Taman Sari Jakarta yang sudah menyediakan tempat untuk proses skrining dan operasi, juga kepada Wakaf Salman dan donaturnya yang sudah mewujudkan agar program ini berjalan lancar.

Wakaf
Rumah Sakit
Kesehatan

Bagikan :

Wakaf
Rumah Sakit
Kesehatan
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us