Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Viral Video Pejuang di Palestina Membaca Surah Yasin Ayat 9, Apa Maknanya?

Surah Yasin adalah surah ke-36 dalam Al Quran dan merupakan salah satu surah yang banyak dibaca serta dihafal oleh umat Islam. Surah ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan, di antaranya adalah dapat melindungi dari kejahatan, mendatangkan keberkahan, dan memudahkan seseorang yang tengah dalam keadaan sakaratul maut.

Surah Yasin juga dikenal sebagai ‘jantung’-nya Al Quran, karena mengandung banyak pelajaran dan hikmah yang penting bagi kehidupan manusia. Surah ini dimulai dengan membahas tentang keesaan Allah dan kekuasaan-Nya atas alam semesta. Selain itu, ada juga pembahasan mengenai kehidupan setelah kematian, surga, hingga neraka.

Saat ini, tengah viral video seorang pejuang Palestina yang tergabung dalam kelompok Al Qassam, yang berhasil menghancurkan tank pihak zionis Israel dengan sekejap mata dari titik kosong – atau dalam istilah perang nya, point blank range, di mana pejuang tersebut berada dalam jarak yang sangat dekat dengan target.

Hal yang mengesankan dari momen tersebut adalah, sang pejuang terlihat mengakali sistem proteksi aktif tank yang bisa menangkis peluru Anti-Tank Guided Missle (ATGM), hanya dengan waktu sepersekian detik. Mengharukannya lagi, pejuang tersebut berlalu sambil membaca potongan Surah Yasin ayat 9.

Video yang viral di twitter tersebut kemudian menjadi sorotan netizen, di mana banyak sekali dari mereka yang menganalisis momen heroik itu dari kacamata perang, dan kacamata Al Quran, terlebih ketika sang pejuang terdengar membacakan Surah Yasin ayat 9. Lantas apa sih sebetulnya isi Surah Yasin ayat 9, sehingga video tersebut dapat menimbulkan kesan heroik?

Isi Surah Yasin Ayat 9

وَجَعَلْنَا مِنۢ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَٰهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُونَ

Arab latin: Wa ja'alnā mim baini aidīhim saddaw wa min khalfihim saddan fa agsyaināhum fa hum lā yubṣirụn

Artinya: "Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat."

Jika melihat dari tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah, ayat ini menggambarkan keadaan orang-orang kafir di mana mereka dikelilingi oleh penghalang di semua sisi, sehingga mencegah mereka untuk melihat kebenaran. Penghalang tersebut sekaligus menutupi hingga membutakan mata mereka, dengan kata lain mereka tersandera dalam gelapnya kekafiran dan hawa nafsu.

Bagi kita seorang Muslim, kejadian heroik tersebut tentu membuat bulu kuduk merinding. Terlebih ketika kita mengetahui arti dan tafsir Surah Yasin ayat 9 yang dibacakan sang pejuang selagi menaklukan 1 buah tank besar hanya dalam sekejap.

Video yang beredar dari akun X @ME_Observer_ tersebut kemudian viral di kalangan netizen Indonesia, setelah akun @Outstandjing menyebarkannya dengan narasi;

“Laki-laki ini mungkin sudah kehilangan anak istrinya. Tidak ada yang diharap selain syuhada. Berlari ke arah tank bawa peledak sampai jarak dekat, sambil membaca Surah Yasin ayat 9”, ujarnya.

Lantas seorang netizen dengan akun @Rh_Kurniawan membalas;

“Dulu pernah disuruh ngamalin Surah Yasin ayat 9 dari guru ngaji. Katanya bisa bikin kita engga terlihat. Sekarang (setelah melihat video ini), baru tahu kebenarannya” ujar Kurniawan.

Wallahu a'lam bishawab.

 

Wakaf Salman berdiri tegak bersama perjuangan rakyat Palestina. Kami mengajak Bapak/Ibu sekalian untuk berkontribusi dalam perjuangan saudara kita di Palestina, dengan menyalurkan bantuan melalui link di bawah ini:

  • Literasi
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman