Tiga Macam Wakaf dan Pengelolaannya

Tiga Macam Wakaf dan Pengelolaannya

By Markom Wakaf Salman

11/11/2022

Ternyata ada berbagai model pengelolaan wakaf. Sahabat Wakaf Salman perlu tahu supaya bisa memilih "wakaf manakah yang tepat?". Baik dengan motivasi berwakaf ataupun pilihan berbagai manfaat dari wakafnya. Meskipun kita semua juga tahu bukan, bahwa apapun bentuk wakafnya maka ibadah berwakaf merupakan ibadah sedekah jariyah yang diberikan ganjaran pahala terus menerus sekalipun sang wakif telah habis usianya.

Secara umum terdapat 3 model berwakaf sebagai berikut (penjelasan ada di bawahnya ya, Sahabat).

  1. Wakaf untuk Proyek Sosial
  2. Wakaf pada Proyek Investasi Riil
  3. Wakaf melalui Instrumen Keuangan

Pertama, Wakaf untuk Proyek Sosial adalah wakaf berupa pembangunan masjid, sekolah, pesantren, dan lain-lain. Semisal Sahabat mewakafkan rumah untuk dijadikan rumah sakit, ataupun Sahabat berwakaf melalui uang. Uang tunai yang Sahabat berikan kemudian pada akadnya diperuntukkan menjadi benda wakaf yang menjadikan masyarakat dan kepentingan umum sebagai penerima manfaatnya, maka inilah yang disebut Wakaf untuk Proyek Sosial.

Kedua, Wakaf untuk Proyek Investasi Riil adalah wakaf yang meliputi pembangunan kawasan dagang, ruko, perkebunan, dan sebagainya. Barangkali secara umum, kita mengenal wakaf ini sebagai wakaf produktif. Tetapi sebenarnya, bisa jadi definisi wakaf produktif ini lebih luas dan Proyek Investasi Riil bisa jadi hanya salah satu kategorinya. Baik dalam bentuk benda wakaf secara langsung maupun sejumlah uang yang menjadi aset proyek investasi riil, akan dikelola dan dikembangkan oleh nazhir agar terus bergulir.

Ketiga, Wakaf melalui Instrumen Keuangan adalah wakaf yang di antaranya berupa wakaf saham, tabungan, giro, deposito, sukuk, dan instrumen keuangan lainnya yang sesuai dengan ketentuan syariah.

Pada praktiknya, ketiga model berwakaf yang bisa dipilih oleh Sahabat itu bisa dikembangkan agar saling berkelanjutan. Salah satu contohnya yaitu wakaf Sumur Raumah dari Utsman bin Affan radhiyallahu 'anha. Bermula dari Wakaf untuk Proyek Sosial, hasilnya kemudian digulirkan menjadi 1550 pohon kebun kurma dan sebuah hotel bintang lima sebagai Wakaf untuk Proyek Investasi Riil.

Buktinya, hasil investasi itu mengalir ke rekening atas nama Utsman bin Affan, sebagiannya berpeluang kembali digulirkan menjadi Wakaf melalui Instrumen Keuangan, dan sebagian lainnya disedekahkan secara rutin kepada fakir miskin.

Masyaallah! Bisa jadi, suatu hari wakaf sebagai salah satu pilar ekonomi Islam ini bisa menjadi jalan pertolongan Allah Ta'ala untuk kita di dunia-akhirat maupun saudara-saudara kita yang kelaparan, butuh pendidikan, tempat tinggal, dan permasalahan umat lainnya. Sebagaimana masa emas peradaban Islam dulu berjaya karena ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf) yang saling melengkapi.

Demi memudahkan Sahabat yang ingin berwakaf untuk ketiga manfaat model di atas, Wakaf Salman menyediakan WAKAF 7in1. Kemudahan menunaikan 7 kebaikan program wakaf sekaligus dalam 1 amalan. "Memangnya bisa?!?" Cari tahu dengan klik Whatsapp sekarang atau hubungi 0811-2441-444.

Literasi
wakaf
hukum wakaf
Artikel

Bagikan :

Literasi
wakaf
hukum wakaf
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us