Ternyata Menafkahi Keluarga Termasuk Sedekah

Ternyata Menafkahi Keluarga Termasuk Sedekah

By Markom Wakaf Salman

07/12/2021

Assalamu'alaikum #SahabatPenderma

Selama ini kita hidup bersama keluarga ataupun orang-orang baik di sekitar kita. Umumnya, ketika kita memberi sesuatu kepada orang yang tidak memiliki hubungan keturunan, maka kita menamainya sedekah. Lalu, apakah memberi kepada keluarga juga termasuk sedekah?

Ternyata jawabannya, iya.

Jawaban tersebut bisa kita temukan dari berbagai hadits, salah satunya hadits riwayat shahih Bukhari dan Muslim berikut ini.

Diriwayatkan dari Abu Mas'ud Al Badri radiallahu anha, katanya: Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wassalam bersabda: "Sesungguhnya seorang muslim itu apabila memberikan nafkah kepada keluarganya dan dia mengharapkan pahala darinya, maka nafkahnya itu sebagai sedekah."

Artinya, selama ini menafkahi secara lahir tidak hanya merupakan kewajiban. Namun, juga bisa menjadi sebuah sedekah yang tentunya mengalirkan pahala nan berkah. Sungguh, Allah tidak semata-mata menyerukan kita untuk berbuat sesuatu tanpa ada kebaikan di dalamnya.

Bahkan, kita pun bisa bersedekah kepada orang yang telah dijemput ajalnya dan kita mendapat kebaikan darinya.

Pernah seorang lelaki datang kepada Nabi Muhammad Saw. dan berkata:

"Wahai Rasulullah! Ibuku meninggal dunia secara mengejutkan dan tidak sempat berwasiat tetapi aku menduga, seandainya dia mampu berkata-kata, tentu dia menyuruhku untuk bersedekah. Apakah dia akan mendapat pahala jika aku bersedekah untuknya?"

Rasulullah Saw. bersabda: "Benar!"

Sebagaimana dahulu Sa'ad bin Ubadah radiallahu anha bersedekah jariyah dengan menggali sumur atas nama ibunya, maka kita pun selalu punya kesempatan untuk bisa memperoleh kebaikan pahala jariyah serupa.



Literasi
wakaf
Artikel

Bagikan :

Literasi
wakaf
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us