Tempat Bernaung Kita di Akhirat

Tempat Bernaung Kita di Akhirat

By Markom Wakaf Salman

08/02/2021

Kita tidak pernah tahu seperti apa tempat bernaung kita di kehidupan selanjutnya. Wujud bangunan di surga tak pernah kita lihat. Tak pernah terbetik dalam hati, perasaan seperti apa yang akan muncul ketika nanti kita mendiami rumah di surga.

Ada satu sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang memberi kita pencerahan mengenai hal ini. Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau bersabda:

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.”

(HR. Ibnu Majah)

Hadits tersebut menunjukkan bahwa betapapun usaha membangun masjid di dunia, maka Allah akan memberikan hal yang sama untuk kita bernaung di surga nanti. Wallahu 'alam bishawab. Hal ini berkaitan dengan masjid sebagai bangunan yang memiliki keutamaan lebih di bumi.

Seperti yang kita tahu, masjid adalah tempat rindu hamba Allah bermuara. Masjid juga menjadi sumber manfaat bagi mereka yang memakmurkannya dan tinggal di sekitarnya. Oleh sebab itu, masjid disebut juga sebagai pusat peradaban manusia.

Mulai dari bangunan untuk tempat bernaung, beribadah, sampai menuntut ilmu. Bahkan Wakaf Salman juga menginisiasi fungsi masjid sebagai pusat peradaban agar optimal. Dengan memperbaiki fasilitas masjid dan menyediakan media kebermanfaatan lainnya.

Contohnya mengembangkan lahan sekitar salah satu masjid di Kiaracondong untuk urban farming. Pertanian dengan lahan seadanya yang menghasilkan bahan pangan bagi masyarakat. Secara nasional, kita telah turut berpartisipasi mengurangi kelaparan dan meningkatkan ketahanan pangan.

Satu masjid mungkin dirasa belum berdampak besar, tapi bayangkan 1000 Masjid terbangun dengan fasilitas lengkap dan kebermanfaatan yang luas. Tidakkah kita menginginkan yang seperti itu pula untuk jadi tempat bernaung kita di akhirat nanti?

Maka bersamaan dengan cita-cita itu, bersama-sama juga kita harus saling mendukung. Melalui donasi dari orang-orang baik yang menggandeng tangan Wakaf Salman, kita bisa kok mewujudkan 1000 Masjid yang demikian.

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us