Teknologi Masjid Salman Rasidi Hasilkan Udara Segar

Teknologi Masjid Salman Rasidi Hasilkan Udara Segar

By Markom Wakaf Salman

28/09/2022

Sahabat Wakaf Salman, masih ingatkah dengan Masjid Salman Rasidi? Masjid di area Komplek Rumah Sakit Salman Hospital (yang tengah diupayakan pembangunannya) ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak hanya ramah untuk bumi, tetapi juga turut merawat kesehatan kita. Kali ini kita bahas dulu yuk betapa penting suatu masjid memiliki sirkulasi udara yang baik.

 

Manfaat Sirkulasi Udara Tepat Guna

Kementerian Agama melalui Badan Diklat dan Litbang Kemenag RI pernah menerbitkan "Pedoman Pengelolaan Masjid - Bersih, Suci, dan Sehat". Pedoman ini di antaranya menyebutkan bahwa sirkulasi udara yang memadai merupakan kebutuhan sarana prasarana dasar masjid. Hal ini juga memerhatikan bahwa ventilasi pada masjid memiliki peran penting.

Secara umum, ventilasi berfungsi mengalirkan udara dari luar ke dalam ruangan dan sebaliknya, sehingga terjadi pergantian udara yang sehat untuk dihirup. Sirkulasi udara ini seperti di Masjid Salman Rasidi bertujuan untuk menciptakan ketersediaan udara yang bersih & rendah polusi, dengan maksud menjaga kelembapan dan suhu yang nyaman bagi penghuni di dalam masjid.

Sementara itu, ventilasi atau fasiltias sirkulasi udara yang baik menjadi faktor berdampak bagi kesehatan, produktivitas, serta aktivitas lainnya yang dilakukan oleh jamaah di dalam masjid. Keberadaan ventilasi yang tepat akan membantu menekan penyebaran yang menyasar pernapasan. Selain itu juga, ventilasi dengan sirkulasi udara baik di masjid berpeluang mencegah risiko berikut ini.

  • konsumsi oksigen yang rendah
  • Sick Building Syndrome (SBS)
  • stres dan gangguan psikologis, dll.

Teknologi Kolam Udara Dingin Masjid Salman Rasidi

Dilansir dari Kompas, Masjid Salman Rasidi tak hanya ramah terhadap disabilitas tetapi juga ramah energi dan lingkungan.

Wakil Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ihsan Fadilah menyampaikan, "Desain jendela dibuat lebar supaya cahaya leluasa masuk ke dalam ruang utama, lalu beberapa jendela bisa dibuka untuk mempermudah aliran udara keluar masuk, sehingga udara dalam ruang utama masjid selalu segar."

Seperti yang barangkali sudah Sahabat Wakaf Salman ketahui, Masjid Salman Rasidi tidak memiliki AC atau pendingin ruangan yang menempel di dinding. Namun, masjid di area Komplek Rumah Sakit Salman Hospital ini dilengkapi teknologi kolam udara dingin. Teknologi ini bertujuan untuk menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk.

"Berbeda dengan air conditioner (AC). Sebab udara yang berembus keluar sudah diatur, sehingga udara dingin itu cuman berada di lantai hingga 40 cm ke atas," jelas Ihsan. Katanya, teknologi ini membuat penggunaan listrik lebih hemat dan efisien. Teknologi ini juga telah meminimalisir berbagai risiko kesehatan yang mungkin muncul karena ruang tertutup masjid ataupun penggunaan AC terus menerus bagi jamaah Masjid Salman Rasidi, Soreang, Jawa Barat.

Inilah salah satu bukti penyaluran kebaikan wakaf dari Sahabat Wakaf Salman untuk umat. Gotong royong wakaf kita bukan hanya menjadi solusi dalam membangun peradaban yang dekat dengan masjid dan segala kebaikan di dalamnya, tetapi sedikit demi sedikit turut merawat nikmat sehat yang kita miliki bersama. Mari lanjutkan langkah berikutnya, membangun Rumah Sakit Salman Hospital.

Literasi
wakaf
Artikel

Bagikan :

Literasi
wakaf
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us