Sumur Adzaq, Mata Air Kegembiraan

Sumur Adzaq, Mata Air Kegembiraan

By Markom Wakaf Salman

11/01/2022

foto dari : YouTube Alman Mulyana

Sahabat, pernah mendengar Masjid Quba? Sebuah masjid bersejarah penting di Madinah. Ternyata, di sebelah barat (ke arah selatan) terdapat sebuah sumur bernama Sumur Adzaq. Tidak banyak yang mengetahui sumur ini. Karena itu, berikut rangkuman spesial kisah Sumur Adzaq dari kami untuk Sahabat.

Di dekat Masjid Quba, ada area gugusan hutan pohon kurma yang lebat batang dan buahnya. Hutan kurma ini mendapatkan pengairan dari sumur yang memancarkan mata air yang tak pernah kering setiap musim. Oleh sebab itu, area ini dinamakan Adzaq.Sumur Adzaq terletak tepat di pekarangan rumah Bani Amr bin Auf. Sumur ini telah ada sebelum Rasulullah datang ke Madinah. Kemudian menjadi bernilai sejarah karena di sinilah tempat pertama kali Rasulullah disambut masyarakat Madinah.

Tatkala orang-orang Madinah mengetahui kabar hijrahnya Nabi dari kota Mekkah, maka mereka setiap hari keluar rumah dan berkumpul Al-Hurra. Kebiasaan itu selalu mereka lakukan berhari-hari, demi penantian utusan Allah Subahahu Wa Ta'ala.

Sampai suatu hari, ketika mereka sudah kembali ke rumah masing-masing, tersiar kabar Rasulullah saw sudah sampai di batas kota Madinah. Kabar itu berasal dari seorang Yahudi yang melihat sosok yang memancarkan sinar keteduhan, sehingga ia tak sanggup berkata-kata. Masyarakat Anshar dari suku Aus, Khazraj, dan lainnya akhirnya datang menyambut Rasulullah saw dengan suka cita di area lahan yang terdapat sumur Adzaq ini.

Ketika tiba, Rasulullah tak langsung masuk rumah melainkan memilih beristirahat di tengah kebun kurma yang beliau sebut sebagai kebun al-mustadzaq. Tepat di sebelah tempat duduk beliau, mata air yang jernih mengalir. Nabi Muhammad Saw. menunjuknya seraya berucap: “Itu sumur Adzaq”. 

Lalu orang-orang Anshar bergegas mengambilkan air dari sumur Adzaq untuknya. Semuanya berbahagia dan menganggap sumur Adzaq diberkahi karena menjadi mata air kegembiraan yang tidak hanya menyumburkan kebun kurma, tetapi menjadi tempat yang diberkahi atas kedatangan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Sumur Adzaq yang semula hanya ada di pekarangan Bani Amr bin Auf, manfaatnya telah meluas untuk seluruh masyarakat Madinah. Kita pun bisa hadirkan sumur yang mengantarkan kebahagiaan bagi orang-orang yang membutuhkan air di sekitar kita.

Literasi
Artikel

Bagikan :

Literasi
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us