Simak Ini Untuk Bekal "Si Kecil"!

Simak Ini Untuk Bekal "Si Kecil"!

By Markom Wakaf Salman

01/03/2021

Pendidikan Islam merupakan suatu pendidikan yang memungkinkan seseorang dapat mengarahkan kehidupannya sesuai dengan cita-cita Islam, sehingga dengan mudah ia dapat membentuk hidupnya sesuai dengan syariat Islam. Materi yang diajarkan di pendidikan Islam adalah materi tentang agama Islam, berupa Fiqh, Hadits dan salah satunya Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan sumber utama dalam Islam, mengamalkan Al-Qur’an dengan cara mengajarkan orang-orang untuk membaca dan mempelajari dengan benar berdasarkan hukum tajwid. Mengajarkan ilmu-ilmu lain secara umum atau menyampaikan sebagian ilmu yang dimiliki kepada orang lain adalah perbuatan mulia, sama halnya pula dengan mengajarkan Al-Qur'an.

Salah satu yang wajib diajarkan kepada anak adalah segala hal tentang Al-Qur’an, karena Al-Qur’an merupakan pedoman hidup manusia. Mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak merupakan pedoman hidupnya untuk selalu dekat dengan Allah SWT. Rasulullah SAW pernah bersabda :

“Didiklah anak-anakmu dengan tiga perkara : mencintai Nabi, mencintai ahlul bait Nabi dan membaca Al-Qur’an karena orang-orang yang memelihara Al-Qur’an itu berada dalam lingkungan singgasana Allah pada hari ketika tidak ada perlindungan-Nya, mereka beserta para Nabi dan orang-orang suci.” (HR. Ath Thabrani).

Hadits berikut sudah cukup menjelaskan bahwa mengajarkan dan mengamalkan Al-Qur'an itu perbuatan yang sangat mulia apalagi mengamalkannya kepada anak-anak. Pendidikan karakter beragama juga bisa timbul karena dengan seringnya anak-anak mengaji serta mencintai Al-Qur'an sebagai pedoman hidup.

Bantu dan dukung program 1000 Masjid Wakaf Salman dengan cara berdonasi untuk saudara kita yang membutuhkan, donasi dari Anda akan diberikan untuk mensejahterakan masjid-masjid yang masih kurang memiliki fasilitas yang mencukupi bagi menyebarkan syariat Islam.

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us