Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Simak dan Amalkan, Ini 4 Keutamaan Bulan Rajab!

Memasuki bulan ketujuh dalam kalender Islam, tentunya banyak sesama dari kita yang mencari tahu mengenai keutamaan Bulan Rajab. Sama seperti bulan-bulan lain dalam Hijriah, bulan Rajab juga memiliki berbagai macam keutamaan. Melalui kesempatan tersebut, kita umat Islam dapat mengamalkan berbagai ibadah yang dapat mendatangkan, bahkan menggandakan pahala.

Berdasarkan kalender Hijriah yang diterbitkan oleh Kemenag RI, tanggal 1 Rajab 1445 H jatuh pada 13 Januari 2024. Dengan mengetahui awal mula bulan rajab, seluruh umat Muslim khususnya di Indonesia tentu akan menjadikannya acuan untuk melakukan amalan-amalan sunnah, sehingga dapat meraih keutamaan Bulan Rajab itu sendiri.

Sebagaimana Allah Ta’ Ala berfirman dalam QS At-Taubah ayat 36:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: 
“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu mendzolimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.”

Kenapa Bulan Rajab Disebut Bulan Haram?

Sebelum mengetahui tentang keutamaan Bulan Rajab, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang disebut dengan Bulan Haram, dan mengapa Bulan Rajab adalah salah satunya.

Al Qodhi Abu Ya’la Rahimahullah berkata:
“Dinamakan Bulan Haram karena ada dua makna:

  1. Pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini demikian.
  2. Pada bulan tersebut larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya karena mulianya bulan itu. Demikian pula pada saat itu sangatlah baik untuk melakukan amalan ketaatan."

(Zaadul Masiir, tafsir surat At-Taubah ayat 36)

Keutamaan Bulan Rajab

Lantas apa saja 4 keutamaan Bulan Rajab? Yuk simak tulisan di bawah ini sampai tuntas!

Pahala yang Dilipatgandakan

Dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama, salah satu keutamaan Bulan Rajab berasal dari ibadah puasa sunnah yang dilakukan. Hal tersebut tertera dalam dua hadis yang dikutip oleh Imam al-Ghazali dalam Ihya ‘Ulumiddin (Juz 3, Halaman 431):

صوم يوم من شهر حرام أفضل من ثلاثين من غيره وصوم يوم من رمضان أفضل من ثلاثين من شهر حرام

Artinya: “Satu hari berpuasa pada bulan haram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), lebih utama dibanding berpuasa 30 hari pada bulan selainnya. Satu hari berpuasa pada bulan Ramadhan, lebih utama dibanding 30 hari berpuasa pada bulan haram.”

Dihapuskan Dosanya

Hal ini dirawayatkan oleh Abu Muhammad al-Halali, dan diceritakan Ibnu Abbas:
“Puasa di awal bulan Rajab dapat menghapus dosa (kafarat) selama 3 tahun, di hari kedua menjadi kafarat selama 2 tahun, di hari ketiga menjadi kafarat selama 1 tahun, kemudian di setiap hari sesudah itu menjadi kafarat selama 1 bulan”

Mustajab untuk Berdoa

Keutamaan Bulan Rajab selanjutnya adalah, malam satu Rajab yang mustajab bagi seorang Muslim untuk berdoa. Hal tersebut sejalan dengan yang dikatakan oleh Imam Syafi’I dalam kitab Al-Umm.

بَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ: فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ

Artinya: “Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesungguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adha, malam hari raya Idul Fitri, malam pertama bulan Rajab dan malam nisfu Syaban.”

Banyaknya Rahmat

Keutamaan Bulan Rajab yang lain bagi seorang Muslim adalah, banyaknya rahmat yang diberikan Allah Ta’Ala kepada umat-Nya. Bulan Rajab disebut juga dengan bulan Istighfar, dengan kata lain, jika seorang Muslim bertobat di bulan ini, maka akan banyak dikucurkan rahmat, juga dilipatgandakan pahalanya akibat kebaikan-kebaikan yang ia lakukan.

Itulah tadi keutamaan Bulan Rajab yang bisa kita manfaatkan dengan amalan-amalan kebaikan. Demi mendapatkan pahala yang berlipat ganda, Wakaf Salman mengajak kalian semua untuk melaksanakan kebaikan kepada sesama Muslim demi memaksimalkan kesempatan di Bulan Rajab ini untuk mendapat ridho-Nya. Klik link di bawah untuk berkontribusi dalam menebarkan kebaikan untuk umat!

  • Literasi
  • Artikel
  • Wakaf
  • Rajab
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman