Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Sibuknya Para Sahabat Nabi Sebelum Ramadan

Alhamdulillah, bulan suci Ramadan sudah didepan mata. Artinya tidak lama lagi lagi umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa.

Bulan suci Ramadan dikenal sebagai bulan penuh keutamaan dan keistimewaan serta momen yang harus dinanti dengan sukacita. Begitu juga bagi Nabi Muhammad Saw, beliau selalu menyiapkan diri dengan sejumlah amalan ibadah. Karena termasuk bulan yang sangat istimewa, tentu saja kita perlu meneladani segala amalan yang dianjurkan Rasulullah Saw. Lalu cara apa saja yang dilakukan Rasulullah dan orang-orang di sekitarnya dalam menyambut bulan suci Ramadan?

1. Berpuasa Sunnah

Dalam hadist shahih Bukhari volume 3, kitab puasa no. 1969 disebutkan bahwa istri Nabi Muhammad Saw, Aisyah R.A berkata, bahwa Rasulullah Saw. tidak pernah berpuasa penuh dalam sebulan kecuali di Bulan Ramadhan. Tidak ada bulan lainnya Rasulullah berpuasa kecuali pada bulan Syaban.

Dengan berpuasa sunnah ini dapat menjadi persiapan kita khususnya fisik, serta melatih kebiasaan tubuh ketika nanti melaksanakan ibadah puasa.

2. Selalu berdoa

Selain mempersiapkan fisik, hal pertama yang dilakukan Rasulullah Saw ketika akan menghadapi bulan suci Ramadan adalah memperbanyak doa. Memperbanyak doa ini menjadi kebiasaan yang juga dicontoh oleh para sahabat dan salafussalih.

Salah satu doa yang paling terkenal yaitu,

"Ya Allah, berikanlah keberkahan kepadaku pada bulan Rajab dan Sya'ban dan panjangkanlah usiaku agar aku sampai ke bulan Ramadan"

3. Memberitakan kebaikan

Nabi Muhammad Saw juga memiliki cara khusus dalam menyambut bulan suci Ramadan, yaitu selalu memberitahukan kabar baik akan datangnya bulan yang baik ini. Tapi bukan berarti hanya kabar terkait Ramadan saja, melainkan semua amalan kegiatan yang dilakukan.

Selain anjuran Nabi Muhammad Saw yang patut diteladani diatas masih banyak amalan-amalan baik lainnya dalam menyambut bulan suci Ramadan ini seperti bertaubat dan memperbanyak bersyukur. Dapat merasakan kembali bulan suci Ramadan menjadi salah satu hal yang wajib disyukuri, karena bertemu kembali dengan Ramadan merupakan nikmat yang luar biasa. Yakni dengan menyadari segala perbuatan dosa yang kita buat sebelumnya ,tentunya bulan puasa ini sangat diharapkan kedatangannya untuk melakukan ibadah yang dapat menghapuskan segala amalan buruk yang kita perbuat.

Betapa baiknya Allah SWT yang senantiasa melihat kemaksiatan kita sepanjang tahun, tetapi Dia menutupi aib kita, namun masih menerima dan memaafkanserta menunda ajal kita sampai bisa berjumpa kembali dengan Ramadhan. Oleh karena itu, memaksimalkan ibadah di bulan suci ramadan kita tidak boleh luput dalam segala persiapannya.

Sahabat Wakaf bisa seperti Sahabat yang sibuk menabung amalan sebelum Ramadan datang, dalam rangka ikhtiar mencari keberkahan Ramadan. Mari Cari Keberkahan Ramadan dengan berbagi rasa gembira akan indahnya Ramadan dalam santapan sahur dan berbuka.

Semoga kita selalu diberi segala kemudahan dan kesiapan saat melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan nanti ya sahabat! Aamiin ya Rabb..

  • Literasi
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman