Semarak Tarhib Ramadan Di Khairina Cimenyan

Semarak Tarhib Ramadan Di Khairina Cimenyan

By Markom Wakaf Salman

28/03/2022

Sahabat Wakaf, jelang Ramadan yang kurang dari sekitar 5 hari lagi, masyarakat Indonesia mulai ramai mengadakan acara Tarhib Ramadan. Acara ini merupakan salah satu tradisi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Khairina, kompleks wakaf pendidikan terpadu binaan YPM Salman ITB juga turut melaksanakannya.

Subuh Sakinah, momen ibu-ibu Khairina berkumpul..

Waktu Subuh adalah waktu terbaik untuk seorang insan mengisi jiwanya dengan aktivitas spiritual. Khususnya bagi muslim, waktu yang mana kebanyakan orang memulai hari ini sangat baik apabila dimanfaatkan untuk mengaji. Sebagaimana yang dilakukan oleh para ibu di Khairina, Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Minggu, 27 Maret 2022.

Para ibu di Khairina berkumpul bersama di bawah atap Masjid Khairina yang beberapa waktu lalu telah direnovasi dan diresmikan bersama Wakaf Salman ITB. Tepat pada bada subuh, diselenggarakan acara majlis ta'lim khusus ibu-ibu yang sebetulnya rutin. Namun dijadikan sebagai awal dari rangkaian acara Tarhib Ramadan Khairina.

Berbagi sembako & keceriaan anak-anak menyambut Ramadan..

Semakin nampak matahari di Cimenyan, acara pun dilanjutkan dengan berbagai keceriaan. Anak-anak dari MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah) Khariina mulai berdatangan dan berbaris di area depan pintu masuk Khairina. Mereka menggunakan seragam seperti sekolah biasanya agar mudah dikenali masyarkat sekitar. Karena, mereka akan berkeliling Desa Cimenyan. Turut menyemarakkan datangnya bulan suci Ramadan, sekaligus mengingatkan warga setempat bahwa bulan puasa sebentar lagi tiba.

Anak-anak di bawah asuhan Ayah Farid dan Bunda Dewi (selaku pengelola kompleks wakaf pendidikan terpadu Khairina), naik ke 5 mobil bak terbuka. Mereka juga didampingi oleh sejumlah pengajar yang menjaganya.

Setelah berkeliling, Tarhib Ramadan juga diikuti oleh acara pembagian sembako untuk para ibu. Inilah awal bagi Khairina untuk memulai bulan Ramadan dengan berkah kebersamaan. Termasuk dengan Sahabat Wakaf yang ingin langsung berkunjung ke sana. Melihat sendiri bagaimana hasil wakaf pendidikan Sahabat untuk Khairina terasa manfaatnya.

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.”

(HR. Muslim, no. 1631)

update
wakaf
Artikel

Bagikan :

update
wakaf
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us