Selalu Ada Jalan Menuju-Nya.

Selalu Ada Jalan Menuju-Nya.

By Markom Wakaf Salman

19/11/2021

#SahabatPenderma tahukah? Ada empat titipan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang bisa kita gunakan untuk meraih surga-Nya.



1. Tenaga

Barangkali diantara kita ada yang merasa tidak punya apa tapi kuat secara jasmani, bisa bekerja keras, dan lebih sedikit lelah dan sakit. Contohnya Bilal bin Rabbah, muadzin pertama umat Muslim. Beliau adalah sahabat yang tidak memiliki materi dunia berlimpah maupun kedudukan. Namun, Allah memberikannya tenaga untuk mengumandangkan panggilan shalat. Bayangkan, zaman dahulu belum ada teknologi pengeras suara.



2. Pengetahuan

Sahabat mengenal Abu Hurairah? Beliau adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad Saw. yang menghadapi saat-saat sulit hingga kelaparan kala menimba ilmu. Beliau memang merupakan salah satu golonga Shuffah, masyarakat yang menjadi miskin materi setelah peristiwa hijrah. Namun, beliau menjadi perawi hadits yang masyhur dan kita kenal sampai sekarang.



3. Kedudukan

Siapa bilang mereka yang punya kedudukan selalu memiliki harta berlimpah? Pada kenyataannya, kedudukan yang memberi amanah dari setiap keputusan seorang pemimpin belum tentu memberikan kekayaan bagi seorang itu sendiri. Sebut saja, Utbah bin Ghazwan. Beliau adalah salah satu orang yang masuk Islam al awwalun.

Utbah bin Ghazwan tidak pernah menginginkan jabatan, tetapi karena ia mengerjakan amanah dengan baik maka dia dijadikan pemimpin Kota Ubullah. Kemudian kota itu pun menjadi kota metropolitan. Nasehat beliau kepada bawahannya: "Sungguh aku berjuang ber-7 bersama Rasulullah di masa awal-awal Islam dan kami tidak memiliki makanan sehingga kami hanya mampu mengisi perut kami dengan dedaunan. Di musim dingin pernah kami hanya ada sehelai selimut, hingga kami robek menjadi dua bagian. Satunya aku pakai dan satunya dibuat selimut Saad bin Malik."



4. Harta

Titipan keempat yang bisa kita manfaatkan untuk meraih surga-Nya adalah harta kita. Harta yang bernilai rupiah, aset, maupun kekayaan yang bersifat duniawi. Ialah az Zubair bin Al'Awwam yang terkenal sangat kaya. Kebanyakan hartanya berupa tanah dan rumah, antara lain padang belantara, 11 rumah besar di Madinah, dua di Basrah, dan satu di Kuffah dan Mesir.

Ka,ab berkata tentangnya, “Az-Zubair memiliki 1000 macam kekayaan yang dikeluarkan untuk perjuangan, dan tidak ada satu dirhampun yang masuk kedalam rumah (disedekahkan seluruhnya), beliau mensedekahkan seluruh hartanya. Zubair tidak pernah khawatir akan kemiskinan."



Mari kita kenali, titipan apa yang kita punya dan gunakan titipan tersebut untuk mendapatkan ridha Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan meraih surga-Nya. Salurkan hartamu untuk membangun rumah sakit berskema wakaf produktif. Segala keuntungannya akan berputar menghasilkan kemaslahatan bersama dan mengalirkan pahala jariyah bagi Sahabat sekalian. InsyaAllah..

update
Literasi
Artikel

Bagikan :

update
Literasi
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us