Sekolah Siaga Bencana

Sekolah Siaga Bencana

By Adi Kartiwa

21/01/2021

Kaya gimana sih Sekolah Tangguh Bencana itu? Maksudnya gimana ya?

Aku yakin dari kalian semua belum paham banget sama bentuk Sekolah Tangguh Bencana itu sendiri. Biar kalian gak nebak-nebak soal sekolah ini, aku kasih tau boleh, ya? Boleh dong!? Ya udah, come on kita bahas sekolah ini!


Buat kalian kalau denger kata "sekolah" pasti identik sama tempat belajar, tempat cari ilmu, tapi kalau soal "Sekolah Tangguh Bencana" apa yang kamu pikirin? Jadi gini, Sekolah Tangguh Bencana ini lebih condong ke pemberian pemahaman dari pemerintah buat para guru atau siswa supaya lebih peka sama bencana alam yang bisa terjadi kapan pun dan di mana pun. Upaya ini sebetulnya sudah direncanakan pemerintah sejak jauh-jauh hari.


Tujuannya pun bukan tanpa tujuan yang jelas, dengan terbentuknya Sekolah Tangguh Bencana diharapkan dapat seperti berikut :

1. Upaya antisipasi sebelum bencana
2. Upaya penanggulangan
3. Upaya pemulihan pasca bencana

Dengan tujuan yang jelas dan terarah, Sekolah Tangguh Bencana bukan hanya "mimpi" untuk diwujudkan karena di beberapa daerah di Indonesia sudah diterapkan oleh pemerintah setempat. Walaupun kondisi sekarang lagi di masa-masa "serba sulit" dan belum bisa melakukan pembelajaran tatap muka secara langsung tapi gak ada salahnya 'kan tambahan buat pengetahuan kita?

Jadi, bisa kita tarik kesimpulan kalau Sekolah Tangguh Bencana ini tuh sebetulnya sangat cocok buat direalisasikan dan tepat untuk kondisi negara kita sekarang. Tapi... kalau kita ingin sekolah ini terwujud, kita sebagai sesama saudara harus saling membantu. Berdonasi melalui Wakaf Salman itu gak sulit kok, ditunggu ya donasi dari kamu buat saudara kita di luar sana!

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us