Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Sedekah Subuh, Bersambut Doa Malaikat Setiap Pagi

Setiap hari, mungkin kita hanya mengira hal-hal yang terjadi adalah jawaban dari doa-doa kita saja. Ataupun, doa manusia saja. Ternyata, semua kemudahan dan jalan pertolongan Allah SWT bisa jadi datang karena doa makhluk langit.

Siapa itu? Malaikat yang kita imani ada di dunia ini.

Setiap harinya, ternyata mereka mendoakan kita si manusia. Bayangkan, bagaimana sampainya doa malaikat kepada-Nya. Tentu lebih cepat daripada kita makhluk bumi yang tak luput dari dosa. Ibnu Bathal r.a bahkan mengatakan “Suatu hal yang tak asing bahwa doa Malaikat mustajab.” (Syarah Shahih Al-Bukhori 3/439).

Lalu, apa ya isi doa malaikat?


Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصبِحُ العِبادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلانِ، فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

"Tidaklah sesorang hamba setiap harinya memasuki waktu pagi, melainkan terdapat dua malaikat yang turun, kemudian berdoa salah satunya " Ya Allah berikan ganti bagi setiap orang yang berinfak" dan malaikat satunya berdoa "Ya Allah berikanlah kehancuran bagi siapa saja yang bakhil atau enggan berinfak". (Hadist Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim, lihat Shahiibul Jaami No. 5797)

Jadi bagaimana, Sahabat? Alhamdulillah, sekarang kita tahu cara terbaik menguatkan doa kita melalui kekuatan doa malaikat-malaikat Allah Ta'ala. Yakni dengan melancarkan bersedekah terutama di waktu subuh untuk melancarkan ikhtiar doa kita terkabul. Terlebih, subuh Ramadan yang mana setiap sedekah kita untuk berbagi buka & sahur, ataupun bersedekah jariyah saat subuh untuk membangun rumah hangat bagi para santri yatim & dhuafa, maka insyaallah menjadi pahala dan keberkahan yang berlipat ganda.

  • Literasi
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman