Sedekah Saat Susah, Emang Bisa?

Sedekah Saat Susah, Emang Bisa?

By Markom Wakaf Salman

24/12/2020

SEDEKAH SAAT SUSAH, EMANG BISA?

Bersedekahlah di kala lapang maupun sempit. Saat tengah lega dari sisi finansial maupun terlilit. Nyatanya, sedekah dapat memberi keajaiban dan sejumlah kemudahan yang dapat dirasakan oleh setiap orang.

Mungkin bagi setiap orang, kata “Sedekah” bermakna memberi sejumlah dana, uang, materi, dan lain-lain. Itu tidak salah, tentunya. Namun, makna sedekah itu sangat luas sehingga perlu diketahui oleh banyak orang. Pasalnya, sedekah dapat menjadi obat bagi hati yang lara, rasa susah yang melanda, serta menjadi bentuk syukur dari segala hal yang telah Allah SWT berikan.

Allah berfirman dalam Surat An-Nisa Ayat 114, "Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mendamaikan di antara manusia. Dan siapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keridhoan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar."

Sedekah menjadi kebaikan yang Allah senantiasa firmankan dalam Alquran. Lantas, apalagi yang menjadi dasar bagi kita untuk tidak bersedekah?

  1. Mulai sedekah dari tenaga

Bagaimana cara memulai sedekah? Coba dengan sedekah Tenaga. Jika ada kegiatan volunteer atau sukarelawan, bisa lho mulai berpartisipasi. Sedekah tenaga seperti fisik dan ilmu juga menjadi Langkah awal bagi kita untuk menyerahkan hal-hal tanpa balas imbalan. Hal ini melatih kita untuk memberikan sesuatu yang kita cintai.

  1. Mulai sedekah dengan memberi ke orang terdekat

Sedekah bisa dimulai dari sekeliling kita. Jika melihat teman dekat yang uangnya terbatas bahkan makan tiga kali sehari pun sulit, kita bisa mentraktir dia. Kita pun bisa memberi dia pangan dan makanan yang siap makan agar mereka tidak kelaparan. Kepekaan terhadap sekeliling kita juga perlu supaya kita bisa mengasah kepekaan sedekah dari circle terdekat.

  1. Sedekah dengan membeli

Apakah membeli tidak sama dengan memberi? Membeli jualan teman, memesan makanan pedagang sebelah, membeli jualan mang-mang pinggir jalan termasuk sedekah lho. Karena kamu membeli dagangan mereka artinya membantu mereka untuk hidup. Di situ kita bisa memberi uang tambahan sebagai sedekah lainnya juga.

  1. Sedekah jariyah dengan wakaf

Ingin bersedekah jariyah yang pahalanya tidak terputus meski kita telah tiada? Wakaf solusinya! Dengan berwakaf, sedekah yang kita berikan akan membangun banyak solusi. Wakaf hadir sebagai solusi untuk berbagai permasalahan di masyarakat. Oleh sebab itu, wakaf dapat menjadi amalan ibadah kita sebagai sedekah jariyah yang tak terputus. Misalnya, wakaf untuk Pembangunan Masjid, Sarana Pendidikan,Pembangunan Rumah Sakit dan lainnya

Kamu bisa berwakaf hanya dengan menggunakan smartphone kamu! Semua serba mudah dan cepat. Tinggal transfer dana wakaf dan ijab Kabul dengan admin wakafnya.

Sudah bersedekah hari ini?

 

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us