Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Sedekah Qiyamul Lail, Betulkah Sedekah Istimewa?

Qiyamul Lail? Apa itu ya, Sahabat Wakaf tahu?

Banyak pendapat mengenai pengertian dari Qiyamul Lail. Ada yang mengartikannya sebagai rangkaian sunnah yang menghidupkan malam, ada juga yang mengartikannya sebagai ibadah malam hari. Namun, semuanya itu dalam satu pemahaman yang sama. Terlebih ketika Ramadan datang, konteks Qiyamul Lail lekat dengan 10 hari terakhir Ramadan yang mana terdapat malam mulia, malam Lailatul Qadar.

“Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersungguh-sungguh (beribadah apabila telah masuk) malam kesepuluh (terakhir) yang tidak pernah beliau lakukan pada malam-malam lainnya.”

[hadis riwayat Muslim 1174]

Qiyamul Lail ternyata memiliki banyak keutamaan, yaitu:

- mendapat kedudukan yang terpuji

- terolong orang bertakwa yang berhak mendapat surga

- diakui imannya oleh Allah SWT.

- diberi kebaikan dunia-akhirat setiap malam

- mendekatkan diri dengan-Nya, mencegah dosa, dan menolak bala

Lalu bagaimana dengan Sedekah yang dilakukan saat Qiyamul Lail?

Untuk mereka yang beribadah malam hari termasuk melakukan sedekah saat Qiyamul Lail maka Allah berfirman,

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagiandari rezki yang Kami berikan kepada mereka 

(Q.S.al-Sajdah: 15-16)

Menurut ayat tersebut, barangsiapa diantara kita yang melakukannya berarti ada tanda iman di dalam diri kita. Selain itu, Allah Subhanahu wa ta'ala juga menjanjikan ganjaran berkali-kali lipat atas setiap sedekah yang dikeluarkan seorang hamba. Terlebih sedekah jariyah yang mengalirkan terus pahala saelama harta yang berbuah wakaf terus bermanfaat.

Jika membahas bagaimana keutamaan Sedekah Qiyamul Lail di 10 hari terakhir, maka tentu lebih istimewa dari sedekah biasanya. Karena sedekah itu kita niatkan untuk menyempurnakan ibadah kita dalam rangka meraih ridha Allah SWT untuk memberikan kemuliaan malam Lailatul Qadar-Nya.

  • Literasi
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman