Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Sedekah Al-Qur'an Wakaf Salman Jangkau Sabang-Merauke

KABAR WAKAF - Sahabat Wakaf Salman, tahukah kita bahwa Indonesia adalah negara mayoritas muslim. Jumlahnya mencapai 86,88% dari total seluruh penduduk Indonesia. Hal ini berdampak pada tingginya kebutuhan Al-Qur'an sebagai kebutuhan fundamental muslim untuk kehidupannya.

Selain itu, Indonesia mengalami kesulitan dalam memproduksi Al-Qur'an sesuai kebutuhan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Meneri Agama Zainut Tauhid Sa'adi saat menghadiri puncak acara Unit Percetakan Al-Qur'an atau UPQ Fest di Bogot pada akhir tahun 2021 lalu. Ia menyampaikan, "Jadi, disparitas jumlah antara kebutuhan dan ketersediaan masih cukup jauh. Tantangan UPQ ke depan yakni memenuhi kebutuhan mushaf Al-Qur'an umat Islam Indonesia yang kian hari kian bertambah jumlahnya." Dilansir dari laman Kementerian Agama Indonesia, memang kebutuhannya cukup besar. Sejak tahun 2016-2020, UPQ baru mencetak sekitar 1.705.000 Mushaf. Sedangkan berdasarkan penelitian internal, setiap tahunnya Indonesia membutuhkan sekitar 6.164.375 mushaf Al-Qur'an.

Wakaf Salman ITB sebagai lembaga filantropi Islam tidak bisa diam saja dalam menghadapi fakta tersebut. Alhasil Sahabat, dibuatlah program secara khusus yang meringankan kebutuhan Al-Qur'an di Indonesia ini. Yakni melalui program sedekah Al-Qur'an bernama Syiar Sejuta Mushaf Qur'an. Wakaf Salman ITB bermaksud menjembatani saudara-saudara yang hendak menyalurkan kebaikannya sehingga anak-anak Islam di pelosok desa, yatim, dhuafa, dan para santri se-Indonesia bisa memenuhi kebutuhan selama belajar Islam. Inilah hakikat sedekah sesungguhnya, menebar kesejahteraan termasuk dalam beribadah melalui gotong royong sedekah.

Hingga per satu semester tahun 2022, Wakaf Salman telah menyalurkan sebanyak 9.470 mushaf Al-Qur'an dari Sabang sampai Merauke. Buah kebaikan sedekah Al-Qur'an ini menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Papua, dan Aceh. Tersampaikannya sedekah Al-Qur'an ini dapat terwujud atas kerja sama Wakaf Salman, para wakif, donatur, dan tentunya para kolaborator Sahabat Wakaf Salman.

Bersama tulisan ini, Wakaf Salman berharap bisa kembali merangkul Sahabat di luar sana yang belum sempat bergabung dalam aksi kebaikan menyebarkan syiar Al-Qur'an. Pintu Wakaf Salman akan selalu terbuka dan insyaallah inilah ikhtiar kita bersama-sama melalui sedekah Al-Qur'an dalam meluaskan manfaat rezeki kita & meraih ridha Allah Subhanahu wa ta'ala.

  • update
  • Literasi
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman