Sedekah Subuh Menyempurnakan Amalan? Yuk Kenali Manfaatnya!

Sedekah Subuh Menyempurnakan Amalan? Yuk Kenali Manfaatnya!

By Rizky Mardiyansyah

26/07/2023

Sebagai umat Muslim, tentunya kita sudah tidak asing dengan istilah sedekah. Meski manfaatnya tidak turun secara langsung, namun keajaiban sedekah sangatlah nyata. Luar biasanya lagi, sedekah tidaklah terpatok oleh nominal tertentu. Meski setiap waktu adalah waktu yang baik untuk bersedekah, namun sejumlah orang meyakini bahwa ada suatu keutamaan tersendiri pada siapapun yang melakukan sedekah subuh.

Ibarat seseorang yang bersemangat untuk melakukan kebaikan di pagi hari, maka itulah perumpamaan dari orang-orang yang melakukan sedekah subuh. Maka, andaikan perbuatan ini dianjurkan, seseorang yang bersedekah subuh adalah seseorang yang mengutamakan kebaikan di saat pertama kali memulai hari.

Tapi, andaikan sedekah subuh tidak dianjurkan dan tidak ada dalil tentang pengkhususan waktu subuh untuk bersedekah pun, kebaikan tersebut tetaplah tersalurkan dan amalannya tetaplah sempurna.

Hadits yang Berhubungan dengan Sedekah Subuh

“Tidak ada satu hari pun bagi seorang hamba, kecuali datang dua Malaikat yang salah satu dari mereka berdoa, ‘Ya Allah berilah ganti yang lebih baik bagi orang yang bersedekah.’ Malaikat yang satu lagi berdoa, ‘Ya Allah berilah kebinasaan bagi orang yang menahan hartanya.'”

HR. Bukhari dan Muslim

Meskipun hadits tersebut sahih, namun tidak ada pernyataan khusus yang menganjurkan untuk sedekah di waktu tertentu, termasuk subuh. Tapi adanya hadits tersebut tentu bisa menguatkan pandangan kita tentang keutamaan bersedekah yang memiliki ganjaran lebih baik dari sesuatu yang disedekahkannya.

Manfaat Sedekah Subuh

Sebagaimana yang kita ketahui, setiap amalan baik tentu memiliki manfaatnya tersendiri bagi siapapun yang menunaikannya. Sama halnya dengan sedekah dan sedekah subuh. Sedekah subuh sebetulnya memiliki manfaat yang sama dengan sedekah pada umumnya. Tapi, tentu ada keunggulan tersendiri yang terdapat pada manfaat sedekah subuh di luar manfaat sedekah secara umum. Yuk simak!

Mengawali Hari dengan Hal Positif

Kita pasti pernah merasakan bahwa mood di pagi hari sangatlah berpengaruh pada keberlangsungan kegiatan kita di hari itu. Dengan bersedekah subuh, maka kamu sudah mengawali hari dengan kebaikan sehingga alam bawah sadarmu akan selalu terbawa dengan hal-hal positif.

Berbuat Kebaikan Lebih Awal

Bagi kamu yang masih mematok akan suatu momentum dalam melakukan kebaikan, yuk mulai dengan bersedekah pada momentum subuh. Karena dengan melakukan sedekah subuh, kamu udah berbuat kebaikan lebih awal dari kegiatan-kegiatan kamu sebelumnya.

Keinginan Mudah Terpenuhi

Sebagaimana dibahas di awal, keajaiban sedekah sangatlah nyata. Maka dari itu, bukan tidak mungkin jika kita melakukan sedekah subuh, segala keinginan kita jadi mudah terpenuhi melalui keajaiban-keajaiban tersebut.

Dihapusnya Dosa-Dosa

Selain itu, manfaat sedekah secara umum adalah dapat menghapus dosa-dosa kita. Maka, lebih awal bersedekah, lebih awal pula dosa-dosa kita dihapus oleh Allah sehingga kita dapat memulai hari dengan dosa yang ringan, serta amalan yang kuat.

Sedekah Subuh Menyempurnakan Amalan?

Setelah mengetahui poin-poin penting mengenai sedekah secara umum dan sedekah subuh secara khusus, lantas hal yang kerap menjadi pertanyaan di kalangan umat Muslim adalah, apakah sedekah subuh dapat menyempurnakan amalan?

Jawabannya adalah, tentu saja sedekah, baik sedekah di waktu tertentu, maupun di waktu subuh, merupakan sebuah upaya untuk menyempurnakan amalan!

Maka dari itu, yuk mulai sempurnakan amalanmu dengan bersedekah melalui Wakaf Salman!

Literasi
Artikel
Sedekah Terbaik
Wakaf
Sedekah

Bagikan :

Literasi
Artikel
Sedekah Terbaik
Wakaf
Sedekah
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us