Perjuangan Seorang Ibu..

Perjuangan Seorang Ibu..

By Markom Wakaf Salman

08/03/2022

Sahabat Wakaf Salman ITB, dalam setahun kita memperingati berbagai hari yang berkaitan dengan perempuan. Hari perempuan internasional 2022 tanggal 8 Maret 2022. Kemudian, hari wanita Indonesia tanggal 9 Maret 2022. Hingga hari ibu yang jatuh pada 22 Desember setiap tahunnya. Perempuan memang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan setiap orang. Sosok perempuan yang telah melahirkan kita, selalu memiliki tempat tersendiri di lubuk hati kita. Berbagai kisah perjuangan ibu berikut ini, bisa menambah rasa syukur & cinta kita kepada ibu tercinta.

  • Ibu viral, diantar melahirkan dengan tandu kain sarung

  • Ibu teladan, Siti Maryam dan ketakwaannya

  • kuatnya doa ibu agar sang anak tetap bisa sekolah

Pada 2 Maret 2022 lalu, sempat viral sebuah video dari akun Facebook bernama Nova Noe. Video tersebut tersebar pertama kali melalui grup 'Suara Keluh Kesah Kabupaten Bandung'. Video tersebut memperlihatkan beberapa orang pria yang menggotong seorang perempuan. Faktanya, perempuan yang diangkut dengan tandu dan sarung itu tengah hamil. Mereka sedang menuju rumah sakit agar sang ibu hamil bisa melahirkan.

Terbayangkah Sahabat Wakaf bagaimana dulu ibu kita berjuang untuk melahirkan kita? Ibarat 20 tulang sehat dipatahkan bersamaan.

Bahkan ketika kita sudah lahir, seorang ibu berusaha menjaga kita sebaik mungkin. Sebagaimana Siti Maryam, ibunda dari Isa a.s yang rela berlari antara bukit Safa dan Marwah demi setetes air untuk anaknya. Namun, tiada ditemui satu kolam pun tampak di mata beliau. Tetapi, Allah Subahanahu Wa Ta'ala Maha Mendengar. Sementara anaknya menangis, Siti Maryam yang nyaris putus asa terus berdoa. Hingga akhirnya mengalirlah air dari tempat Isa menghentakan tumit kakinya.

Kekuatan doa seorang ibu juga seringkali nyata kita saksikan di sekitar kita. Kesuksesan seorang anak, tidak terlepas dari doa orang tuanya kepada Allah Swt. Seperti pertemuan tidak terduga antara Wakaf Salman ITB dengan Andin Senia, seorang pelajar kelas 6 sekolah dasar yang tinggal di Kampung Gunung Aki, Jawa Barat.

Pada hari yang sama dengan viralnya ibu hamil ditandu, tanggal 2 Maret 2022 itu juga Wakaf Salman menyalurkan sebuah smartphone untuk membantu Andin belajar. Selama ini, Andin hanya bisa berharap memiliki ponsel. Sejak diberlakukannya pembelajaran daring, mau tidak mau akhirnya ia meminjam ke saudaranya. Hasil kerja ayahnya yang bekerja serabutan dan ibunya yang menjual gorengan, belum cukup untuk memberikan Andin ponsel.

"Alhamdulillah, tos merhatoskeun ka abdi murangkalih hoyong hp teh geningan akhirna kasampean.. (sudah perhatian kepada saya, anak ingin hp akhirnya kesampaian)", ungkap ibu Andin yang selama ini hanya bisa memohon kepada Sang Khalik agar anak solehahnya senantiasa lancar dalam menempuh pendidikan.

Jadi Sahabat Wakaf, sudahkah kita berterima kasih kepada ibu kita hari ini?

Wakaf Salman ITB mengucapkan terima kasih kepada seluruh perempuan juga para ibu Indonesia dan di dunia yang selalu berjuang. Juga memperjuangkan kebahagiaan keluarga dan anak-anaknya. Semoga orang tua kita baik yang masih hidup maupun telah berpulang, senantiasa dilimpahkan pahala dan bisa berkumpul kembal dengan kita di surga Allah nanti. Aamiin..

Literasi
Artikel

Bagikan :

Literasi
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us