Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Peristiwa Syawal: 3 Perang Besar Islam

Sahabat, selain bulan "halal" alias banyak yang menikah, bulan Syawal juga identik dengan bulan Perang Besar Islam. Ada perang apa saja sih? Simak kisahnya sampai akhir ya.


1. Perang Uhud

Perang Uhud berdasarkan buku Perang-Perangdalam Sejarah Islam (2014) karya Sitiatava, dilatarbelakangi oleh: (1) keinginan balas dendam dari Abu Sufyan dan kaum Quraisy atas kekalahan mereka pada Perang Badar; (2) kecemburuan kaum Quraisy terhadap perkembangan popularitas Islam di kawasan Madinah; (3) keinginan kaum Quraisy untuk menghilangkan dominasi Nabi Muhammad saw. di kawasan Madinah.

Pada perang di sekitar tengah bulan Syawal 3 Hijriah ini, pecah gigi geraham Rasulullah Saw. di kaki gunung Uhud. Perang berlangsung hingga matahari terbenam. Sejumlah 700 pasukan Muslim menghadapi 3.000 pasukan Quraisy.



2. Perang Khadaq

Perang kedua, ribuan personel turun berjihad melawan Abu Sufyan dan pasukannya yang berencana menyerang Madinah. Perang ini disebut Perang Khadaq. Asalnya dari bahasa Persia "Kandak" yang artinya itu telah digali. Perang ini juga disebut perang Ahzab karena musuh kaum Muslim berasal dari pasukan sekutu (Ahzab) yang terdiri dari kaum Yahudi, Ghathafan, dan kafir Quraisy Makkah.

Saat perang terjadi, muncul ide cerdas Salman al Farisi menghalangi musuh dengan parit sepanjang 5.000 dzira.



3. Perang Hunain

Perang Hunain adalah pertempuran yang terjadi antara Nabi Muhammad dan para pengikutnya melawan Suku Badui dari Bani Hawazin dan Tsaqif. Pertempuran yang juga disebut Perang Hawazin ini terjadi di Hunain, sebuah lembah yang berada sekitar 12 mil dari Mekkah. Perang Hunain terjadi pada 630 Masehi atau 8 Hijriyah dan berakhir dengan kemenangan umat Muslim
Pada perang ini, terpecah kaum Muslimin di lembah Hunain. Rasulullah Saw. melemparkan batu ke arah orang-orang kafir seraya berkata: "Mereka akan kalah, demi Tuhan Muhammad"

 

Tahukah kita ketiga perang itu, wahai umat Nabi Muhammad Saw.

Katakan, siapa yang menang? Takbir!

  • Literasi
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman