Pemulihan Pasca Bencana Gempa, PT. Migas Utama Jabar Fasilitasi Sarana Air Bersih bagi Warga Kab. Cianjur

Pemulihan Pasca Bencana Gempa, PT. Migas Utama Jabar Fasilitasi Sarana Air Bersih bagi Warga Kab. Cianjur

By Irsan

09/02/2023

PT. Migas Utama Jabar (MUJ) meresmikan bantuan fasilitas MCK bagi ratusan warga terdampak bencana gempa Cianjur pada Selasa (7/2/2023) di Kampung Nagrog, Desa Cirumput, Kec. Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 pada November tahun lalu meluluhlantakkan Cianjur hingga memakan korban jiwa sebanyak 635 orang. Hingga saat ini, hitungan kasar kerugian materiil akibat gempa Cianjur yang meliputi puluhan ribu rumah, ratusan sekolah, belasan perkantoran, jalan, dan jembatan yakni sekitar 4 triliun rupiah.

Diketahui, rincian data jumlah rumah rusak akibat gempa Cianjur, meliputi rusak berat 13.633, rusak sedang 16.059 dan rusak ringan sebanyak 26.586 unit.

PT. Migas Utama Jabar (MUJ) merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bergerak dalam bidang Eksplorasi & Produksi Migas berkolaborasi bersama Wakaf Salman ITB turut berkontribusi membantu percepatan pemulihan daerah pasca bencana di Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Sebelumnya, terdapat ratusan kepala keluarga terdampak gempa yang menempati tenda pengungsian Kampung Nagrog, Kab. Cianjur. Menurut Ai, salah satu pengungsi, selama ini pengungsi hanya menggunakan fasilitas toilet seadanya tanpa dilengkapi sarana air bersih.

Ai (35) salah satu warga kampung nagrog menuturkan bahwa pasca bencana, banyak warga yang terkena penyakit kulit. 

"Sebelum ada air bersih warga di sini sering gatal-gatal karena airnya kotor. Alhamdulillah, setelah adanya sumur gali dan MCK ini sekarang warga jadi mudah untuk beraktifitas. Tidak pakai air selokan lagi" ucap Ai.

Faisal Rahardian, Komisaris Utama PT. MUJ bersyukur dapat melaksanakan kegiatan CSR ke daerah terdampak gempa di Cugenang, Kampung Nagrog, Kabupaten Cianjur. 

"Alhamdulillah hari ini saya bersama tim Migas Utama Jabar meninjau langsung kegiatan CSR dalam rangka turut serta memulihkan pasca bencana gempa Cianjur November lalu."

"Tentu dengan mengedepankan kolaborasi dan kerjasama kita dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat." tandasnya.

Nur Ikhsan salah satu perwakilan PT. Migas Utama Jabar menjelaskan bahwa donasi ini terhimpun dari karyawan perusahaan dan dana CSR.

“Alhamdulillah, donasi yang terkumpul sudah tersalur dalam bentuk satu unit MCK dengan 4 bilik serta 1 sumur gali dan bak penampungan. Semoga apa yang telah disalurkan dapat bermanfaat bagi warga Cianjur yang terdampak bencana.” jelas Nur Ikhsan.

Selain peresmian bantuan sarana air bersih, dilaksanakan juga pembagian sembako bagi masyarakat terdampak, dan pemeriksaan kesehatan gratis oleh tenaga ahli bagi warga Kec. Cugenang, Kab. Cianjur.

Hari Utomo selaku Direktur Wakaf Salman ITB sangat mendukung gerakan kolaborasi antara perusahaan-perusahaan dengan lembaga sosial.

"Menurut saya ini merupakan pekerjaan yang bagus bagaimana dengan kolaborasi kita dapat membantu masyarakat dan memulihkan pembangunan daerah pasca bencana." tegas Hari Utomo.

 

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us