Pahala Yang Berlimpah Di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Pahala Yang Berlimpah Di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

By Markom Wakaf Salman

29/07/2020

Assalammualaikum sahabat penderma, hari Rabu (22/7/2020) ini pas sekali dengan hari pertama di bulan Dzulhijah 1441 H lho. Bulan diantara 4 bulan yang dicintai oleh Allah selain bulan Dzul’qaidah, Muharram, dan Rajab. Tentu ada keutamaan amalan yang harus kita raih terlebih pada 10 hari pertama. Sesuai dengan sabda Rasulullah:

Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah ?” Beliau bersabda, “Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid).” (HR. Al Bukhari)

Supaya tidak terlewat dan lupa, yuk kita list amal ibadah apa saja yang bisa kita lakukan di 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah.

1 - 7 Dzulhijjah

• Puasa Sunnah Awal Dzulhijjah
Keutamaan Puasa Dzulhijjah  dari tanggal 1-7 Dzulhijjah (22-28 Juli) ini pahalanya sangat besar lho sahabat. Bila kamu berpuasa satu hari setara dengan pahala satu tahun puasa. 
• Perbanyak Takbir Mutlak
Takbir Mutlak adalah takbibr yang tidak dibatasi dengan sesuatu. Disunahkan terus, baik pagi maupun petang. Sebelum maupun sesudah shalat dan bisa dilakukan setiap waktu. Imam Al Bukhari berkata: “Dulu Ibn Umar dan Abu Hurairah pergi ke pasar pada tanggal 1 – 10 Dzulhijjah. Mereka berdua mengucapkan takbiran kemudian masyarakat bertakbir disebabkan mendengar takbir mereka berdua.” (HR. Al Bukhari)
• Perbanyak Sedekah
Bila sedekahmu telah Allah janjikan dengan lipatan balasan 10-700 kali lipat. Pada bulan ini bisa jadi sedekahmu bernilai pahala dengan jihad fii sabiilillaah. Jangan lupa, ajak keluarga dan temanmu untuk memberikan sedekah terbaik. Mengajak orang lain bersedekah pun mengalirkan pahala yang sama lho.
• Dilarang potong rambut dan kuku sampai disembelihnya hewan kurban
Hal ini, sesuai dengan hadits Nabi SAW., riwayat Muslim dari Ummu Salamah r.a. bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

(إِذَا رَأَيْتُمْ هِلالَ ذِي الْحِجَّةِ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّيَ فَلْيُمْسِكْ عَنْ شَعْرِهِ وَأَظْفَارِهِ ) وفي لفظ له : ( إِذَا دَخَلَتْ الْعَشْرُ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّيَ فَلا يَمَسَّ مِنْ شَعَرِهِ وَبَشَرِهِ شَيْئًا.)

“Jika kalian melihat hilal Dzulhijjah, dan seseorang dari kalian ingin berqurban, maka hendaklah menahan diri (tidak memotong) rambut dan kuku-kukunya”.

8 Dzulhijjah 


Puasa Tarwiyah, Puasa Tarwiyah merupakan puasa yang dilaksanakan pada 8 Dzulhijah.

9 Dzulhijjah


Puasa arafah
Puasa Arafah akan jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah (30 Juli), sebaiknya kita tunaikan karena fadilahnya yang sangat besar. Sesuai dengan hadist yang berbunyi, "Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas," (H.R. Muslim).

• Memperbanyak doa di hari arafah 
Dari ‘Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ
“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim no. 1348).

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us