Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Niat & Tata Cara Shalat Idul Fitri

Sahabat Wakaf, alhamdulillah pada tahun ini kita kembali bisa merayakan Idul Fitri dengan pandemi yang sudah mereda. Kita pun dianjurkan melaksanakan shalat Id yang kembali rapat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Tahukah Sahabat? Hukum shalat Idul Fitri adalah sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. Hal ini disyariatkan sejak tahun kedua Hijriah. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam senantiasa mendirikan shalat Id hingga beliau wafat. Karena itu, kita pun sekarang umatnya melanjutkan apa yang beliau lakukan.

Untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri yakni dimulai ketika matahari terbit. Waktunya pun disunnahkan untuk diperlambat agar dapat memberi kesempatan kepada kaum Muslim yang belum berzakat fitrah. Lalu bagaimana tata cara Shalat Idul Fitri?

1. Niat Shalat Idul Fitri

Niat Shalat Id dibacakan bersamaan dengan takbiratul ihram. Sementara sunnahnya dibacakan sejak sebelumnya. Bacaan niatnya yaitu:

أُصَلِّي سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لِلّٰهِ تَعَــالَى


Ushallî sunnatan li ‘îdil fithri rak’ataini ma’mûman (jika jadi imam pakai “imaman”) lillâhi ta’âlâ 

Artinya: “Aku berniat shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.” 

2. Tujuh kali takbir dan doanya

Setelah Imam memulai shalat, maka kita akan melakukan takbir sebanyak tujuh kali. Pada setiap setelah takbir itu, kita kemudian melafalkan:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ 

Subḫânallâhi wal ḫamdulillâhi wa lâ ilâha illallâhu wallâhu akbar

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.” 

3. Membaca surat dilanjutkan cara shalat seperti biasa

Setelah selesai melakukan takbir hingga ketujuh kali, pada umumnya Imam membaca surat Al Fatihah dilanjutkan dengan surat Al-A'la. Lalu kita rukuk, sujud, hingga bangun kembali untuk takbiratul ihram rakaat kedua.

4. Lima kali takbir dan doanya

Setelah takbir untuk berdiri rakaat kedua, disunnahkan untuk takbir sebanyak lima kali seperti takbir pada rakaat pertama. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan dianjurkan membaca surat Al-Ghasiyah.Lalu kita rukuk, sujud, hingga menyelesaikan shalat Id dengan salam.

Jangan lupa Sahabat Wakaf, setelah shalat ada khutbah Idul Fitri. Alangkah baiknya jika kita mendengarkannya sampai selesai lalu melakukan silaturahmi dengan seluruh jamaah. Pada kesempatan inilah kita melepaskan Ramadan dengan suka cita sesama Muslim, menguatkan ukhuwah, dan insyaallah semakin mendekatkan diri kita kepada-Nya.

  • Literasi
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman