Mengenal Puasa Tarwiyah

Mengenal Puasa Tarwiyah

By Markom Wakaf Salman

29/07/2020

Ada yang sudah tahu soal Puasa Tarwiyah? Puasa yang dilakukan setiap 8 Dzulhijjah ini merupakan amalan sunnah pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. 

Dalam sebuah hadist riwayat Abu Daud menyatakan 

"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa sembilan hari di bulan Dzulhijjah, berpuasa di hari Asyura, berpuasa tiga hari di setiap bulannya, puasa Senin pertama dan juga hari Kamis di setiap bulannya,", 

Selain itu, dalam hadist riwayat Ali Al-Muairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas menyatakan, "Siapa yang puasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan puasa hari arafah seperti puasa dua tahun,". 

Tata Cara

Untuk melakukan puasa tarwiyah ini sama seperti menjalankan puasa di Bulan Ramadhan.Pertama, awali dengan niat. Seperti niat puasa pada umumnya. Puasa ini untuk kecintaan kita kepada Allah swt melalui ibadah yang dianjurkan Rasulullah Saw. 

Kedua, usahakan untuk makan sahur karena ini adalah sunnah. Dalam setiap sahur, terdapat keberkahan yang tidak ternilai. 

Ketiga, puasa pun tetap harus menahan hawa nafsu dari yang membatalkan puasa. Yakni dimulai dari terbit fajar yang ditandai dengan masuknya waktu Subuh hingga tenggelam matahari ditandai dengan masuknya waktu Magrib.

Terakhir, jangan lupa untuk berbuka atau membatalkan puasa  di waktu Magrib. Tak lupa untuk berdoa sebelum berbuka karena doa bagi orang yang berpuasa ini akan diijabah oleh Allah SWT.

Bagikan :

Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us