Memasuki Musim Hujan, Mohon Perhatian

Memasuki Musim Hujan, Mohon Perhatian

By Ceu Nazhir

01/11/2021

Alhamdulillah, sekarang sudah masuk bulan November. Mengawali bulan ini, ada baiknya kita waspada kepada berbagai jenis bencana saat musim hujan. Sebab kabarnya, hujan akan maksimum pada Desember nanti. Inilah yang perlu kamu ketahui.

Bencana Alam

Bencana alam sebagian besar tidak bisa terhindarkan. Kedatangannya kadang tiba-tiba, tanpa tanda-tanda. Bencana alam itu yaitu banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan gelombang tinggi. Apa yang harus kita lakukan jika bencana itu datang? Perhatikan hal-hal berikut.

- Segera pindah ke tempat yang lebih tinggi dari sumber air yang datang atau ke tempat yang lebih padat ketika tanah mulai bergetar

- Utamakan diri daripada barang-barang bawaan

- Jangan berdiam di tempat yang terdapat objek rawan tumbang atau roboh

- Segera cari pertolongan

Bencana Penyakit

Pada musim hujan ini, penyakit tertentu juga rawan menyerang tubuh. Seperti flu, demam berdarah, malaria, diare, demam biasa, dan lainny. Berikut cara mencegahnya.

- Makan & minum dengan tepat dan teratur

- Istirahat yang cukup

- Olahraga dengan porsi yang sesuai

Selain itu, ada cara lain untuk mencegah penyakit dan bencana. Yaitu dengan bersedekah. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat At-Thabrani. “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).”

Mulai sedekah untuk mencegah musibah. Sedekah jariyah atau berwakaf membangun kesehatan umat. Salurkan wakaf terbaikmu untuk membangun RS Salman JIH Bandung. Sekaligus berikan pertolongan bagi 27,54 juta masyarakat miskin Indonesia untuk bisa mengakses fasilitas kesehatan.

Literasi
Artikel

Bagikan :

Literasi
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us