Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Mau Buka Bersama? Ini Aturannya

"Kalau buka puasa bersama sebaiknya dijaga jarak yang cukup dan tidak usah berbicara pada saat makan," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9, dikutip Selasa, 29 Maret 2022.


Jadi gimana kalau kita mau Buka Bersama alias Bukber orang tersayang atau saudara-saudara semuslim kita? Begini aturannya.
1. Tetap jaga jarak
2. Cuci tangan sebelum makan
3. Minimalisir obrolan selama makan
4. Bila tempat makan ramai kerumunan di ruang tertutup, jangan terlalu lama berdiam

Aturan Bukber ini juga kembali ditentukan oleh masing-masing pemerintah daerah. Coba, Sahabat cek dulu ada ketentuan apa di wilayah setempat.

Seperti di Bandung, berdasarkan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 30 Tahun 2022, pemkot membolehkan restoran, rumah makan dan cafe melayani makan di tempat atau dine in. Adapun ketentuannya, kapasitas maksimal 60 persen, satu meja paling banyak diisi 2 orang dan waktu makan paling lama 60 menit.

Selain itu, aturan terkait protokol kesehatan dan berbicara selama makan sebetulnya sudah menjadi kebiasaan seorang muslim. Ssbagaimana Rasulullah saw. telah mencontohkannya.

“Rasulullah SAW jika beliau ingin tidur dalam keadaan junub, beliau berwudhu dahulu. Dan ketika beliau ingin makan atau minum beliau mencuci kedua tangannya, baru setelah itu beliau makan atau minum.”
(HR. Abu Daud no.222, An Nasa’i no.257, dishahihkan Al Albani dalam Shahih An Nasa’i)

Sementara itu, untuk berbicara saat makan memang Islam tidak melarangnya. Namun, kita sendiri merasakan tentulah jika berbicara saat ada makanan di mulut kita rasanya kurang nyaman. Bisa jadi, makanan atau minuman kita tumpah keluar dari mulut.

Syaikh Al Albani rahimahullah mengatakan:

الكلام على الطعام كالكلام على غير الطعام ؛ حسنه حسن ، وقبيحه قبيح

“Berbicara ketika makan, hukumnya seperti berbicara di luar makan. Jika pembicaraannya baik, maka baik. Jika pembicaraannya buruk, maka buruk” (Silsilah Huda wan Nuur, 1/15)

Nah, saat ini kita masih dihadapkan pada situasi & kondisi Covid-19. Meskipun hukumnya bergantung pada baik/buruknya pembicaraan, alangkah bijak jika kita juga bisa berbuat baik dengan menjaga kesehatan orang di sekitar kita. Yakni, dengan mengurangi risiko droplet tersebar, dengan meminimalisir obrolan.

Selamat menjalankan ibadah puasa, selamat bercengkerama dengan Ramadan & serba-serbi keindahannya, Sahabat!

  • Literasi
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman