Masjid Produktif, Hasilnya Bisa Dinikmati Bersama

Masjid Produktif, Hasilnya Bisa Dinikmati Bersama

By Markom Wakaf Salman

26/02/2021

Sejak dahulu, masjid menjadi cahaya peradaban. Tidak hanya menjadi tempat berkumpul orang-orang yang insya Allah sholeh/sholehah, tetapi juga tempatnya orang-orang yang memberi manfaat bagi sesama. Buktinya, ada masjid yang sampai berkembang fungsinya menjadi penopang kesejahteraan masyarakat sekitar.

Contohnya saja masjid An-Nuur di Bandung. Unik sekali, masjid ini memiliki tempat pembibitan lele dan hasil pertanian. Tak main-main, hasil pertaniannya bisa dipetik sendiri maupun dijual kembali. Bentuk nyata manfaat dari urban farming. Pertanian modern yang bisa diimplementasikan di sisa lahan sekitar masjid, sehingga tidak hanya menjadi lahan kosong semata.

Barangkali bukan hanya An-Nuur yang bisa demikian. Melainkan 1000 Masjid di Indonesia pasti punya peluang masing-masing untuk berkembang. Baik secara fasilitas, maupun aktivitas masjid yang punya potensi memberdayakan masyarakat sekitarnya.

Setiap masjid punya kesempatan yang sama untuk menjadi poros peradaban masyarakat. Untuk membuat kesempatan itu terwujud, maka satu tangan tak cukup. Perlu banyak kepedulian yang mau bergerak. Klik donasi sekarang, kita bangun 1000 Masjid dan nyalakan lentera di tengah warga.

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us