Masjid Agung Majalaya Sekarang Punya Air Minum

Masjid Agung Majalaya Sekarang Punya Air Minum

By Markom Wakaf Salman

16/03/2022

Sahabat Wakaf, tahu Masjid Agung Majalaya?

Beberapa waktu lalu (Rabu, Maret 2022), Wakaf Salman ITB menyalurkan amanah dari brand fashion Indonesia yaitu Seradia untuk menyalurkan keaikannya. Alhamdulillah, Seradia mempercayai Waka Salman ITB untuk memberikan mesin air siap minum atau Mesin Reverse Osmosis. Akhirnya, dipilihlah Masjid Agung Majalaya sebagai lokasi penempatan mesin ini.

Masjid "Kota Dollar" berjuta kenangan..

Maha Agung Allah SWT dengan segala kuasanya di muka bumi. Masjid Agung Majalaya yang sekarang disebut Masjid Raya Majalaya ini memiliki banyak cerita sejak didirikan pada tahun 1940-an. Sebagai informasi juga, masjid Raya Majalaya adalah cagar budaya yang dilindungi oleh Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2010.

Kalau Sahabat sempatkan berkunjung ke masjid ini, maka Sahabat akan disuguhkan oleh arsitektur dan interior masjid bernuansa tempo dulu. Bentuknya seperti surau yang terbangun dari bambu dan kayu beralaskan tembok. Bagian luar atapnya belum menggunakan genteng. Masjid yang berdiri di atas tanah wakaf Bapak Rd. H. Tubagus Zainudin ini, dibangun salah satunya oleh Ir. Suhamir (alumni Institut Teknologi Bandung).

Dulu, Kota Majalaya pernah berjaya sebagai tempat industri tekstil abad ke-20 berkembang pesat. Oleh karena itu, Kota Majalaya dijuluki sebagai "Kota Dollar".

Masjid Raya Majalaya sebagai masjid "Kota Dollar" tempo doloe juga bersejarah. Pernah ditimpa peluru pesawat Belanda semasa Perang Dunia Kedua. Hingga, menjadi salah satu markas pertahanan Tentara Rakyat Indonesia. Sekarang, masjid ini masih berfungsi menjadi tempat ibadah, transit masyarkat luar kota, juga tempat bermusyawarah masyarakat Islam yang majemuk. Halaman masjid juga senantiasa ramai karena berfungsi sebagai alun-alun kota dengan aktivitas dagang dan taman bermain setiap harinya.

Karena Mesin RO, akses air minum lebih mudah..

Jelang Ramadan nanti, Masjid Raya Majalaya punya aktivitas rutin berbuka puasa hingga itikaf pada 10 malam terakhir. Oleh karena itu, kehadiran mesin air siap minum sangat menunjang kebutuhan jamaah masjid maupun warga yang transit. Karena sebelumnya, DKM Masjid Raya Majalaya mesti menyediakan air dari galon isi ulang, yang setiap harinya harus membeli.

 

Sahabat, ayo kita siapkan Ramadan dari sekarang juga. Matangkan tabungan amalan dengan Wakaf 99 Masjid Ramadan. Raih pahala jariyah plus keberkahan Ramadan.

update
wakaf
Artikel

Bagikan :

update
wakaf
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us