Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Kisah Sarah Smith dan Air Putih yang Merubah Pola Hidupnya

I feel fitter, leaner and healthier, and my husband and friends tell me I look ten years younger. Who in their right mind would not want to try something which gets such incredible results?

Sarah Smith, UK

Kira-kira begitulah kalimat yang dilontarkan Sarah Smith, seorang wanita paruh baya yang beberapa waktu kebelakang sempat menggemparkan media karena penemuannya. Ya, penemuan unik Sarah Smith adalah terkait dengan ‘terapi minum air putih’ sebanyak 3 liter sehari, dalam 28 hari.

Ada begitu banyak penelitian yang menjelaskan tentang manfaat minum air putih, memang. Namun, cara yang disampaikan oleh Sarah Smith – dengan membuktikan sendiri – membuka banyak pikiran dan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat, melalui air putih.

Siapakah Sarah Smith? 

Sebelum memasuki pembahasan yang lebih mendalam tentang manfaat air putih, ada baiknya kita mengenali sosok Sarah Smith terlebih dahulu. Sarah Smith adalah perempuan berkebangsaan Inggris berusia 52 tahun. Selama beberapa tahun, ia berjuang melawan sakit kepala akut dan gangguan pencernaan. Setelah berkonsultasi dengan ahli saraf dan ahli gizi tentang kondisinya, Sarah Smith disarankan untuk meningkatkan konsumsi air putih untuk mengembalikan fungsi organ vital.

Sebelum berita tentang dirinya tersebar, orang-orang mengira Sarah Smith berusia 10 tahun lebih tua dari usia sebenarnya, disebabkan karena kantung mata yang hitam – yang membuatnya terlihat sangat kelelahan, kerutan di wajah, kemerahan, dan kulit kusam. 

Sinyal tubuhnya pun tidak bisa berbohong. Sarah Smith merasakan banyak keluhan, mulai dari mudah lelah, gerak tubuh yang dirasa lambat, susah berkonsentrasi, kurang kinerja kognitif, hingga sakit kepala akut dan gangguan pencernaan yang sangat sering dikeluhkannya.

Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh Manusia

Dilansir dari Dailymail yang mengulas tentang kondisi kesehatan Sarah Smith, bahwa setiap sistem dan fungsi dalam tubuh bergantung pada air. Dengan kata lain, minum air putih yang cukup dapat mengeluarkan racun-racun yang ada dalam organ vital, memperlancar nutrisi bagi sel, melembabkan, dan menghilangkan limbah dari pencernaan. Maka, kurangnya seseorang dalam mengonsumsi air putih berarti mengganggu semua fungsi tersebut.

Selain itu, sudah menjadi rahasia umum bahwa minum air yang cukup dapat menjadikan kulit wajah semakin cerah, lembab, dan terlihat sehat. Air putih tidak pernah absen dari tips kulit awet muda ala Korea Selatan.

Manfaat Air Putih yang Dirasakan Sarah Smith

Kini, orang-orang terdekat menilainya 10 tahun lebih muda dari usia sebenarnya, bahkan lebih muda dari itu. Bahkan, ada beberapa manfaat lain yang dirasakan oleh Sarah Smith terkait perubahan pola hidupnya tersebut. Yuk simak manfaat tersebut di bawah ini!

  1. Kulit Wajah Lebih Cantik

Air membantu sel kulit beregenerasi lebih efisien. Sarah Smith merasakan lingkaran hitam dan kerutan wajah yang ia miliki hampir hilang. Kulit wajahnya terlihat lebih plumpy dan ternutrisi dengan baik.

Bahkan, dirinya mendapatkan manfaat kecantikan ini hanya sepekan setelah memulai terapi minum air putih 3L perhari.

  1. Warna Urin yang Bening

Saran Smith mengakui setelah terapi minum air putih 3 liter, dirinya jadi lebih sering ke toilet. Terkejutnya, warna urin tidak lagi kuning gelap, melainkan bening.

Dilansir dari situs Siloam Hospital, urin yang berwarna bening atau transparan adalah tanda urin yang sehat. Warna ini mengindikasikan tubuh yang terhidrasi dengan baik dengan kecukupan jumlah cairan yang masuk.

  1. Sakit Kepala Menghilang

Volume air putih yang kurang menyebabkan organ-organ tubuh ‘mencuri’ cairan, salah satunya dari otak. Hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit kepala. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh menyebabkan pembuluh darah pada otak menyusut. Akhirnya sakit kepala tidak bisa dihindari.

Sejak memulai hidup sehat dengan terapi yang dijalankan selama 28 hari ini, Sarah Smith jarang merasakan sakit kepala. Hal ini sangat aneh katanya.

  1. Berat Badan Menurun

Nurul Ratna Manikam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan bahwa minum air putih disaat perut kosong dapat menurunkan berat badan. Mengisi lambung dengan air menjadikan seseorang tidak kalap ketika dihidangkan makanan utama. Sehingga kalori yang masuk kemudian tidak berlebih.

Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini memudahkan tubuh dalam membakar lemak, membuang kotoran melalui urin, tinja, dan keringat. Sarah Smith mengira bahwa dirinya akan merasa kembung karena kelebihan air, tapi ternyata perutnya kini menjadi lebih rata dari biasanya. Suaminya pun mengatakan bahwa selulit -timbunan lemak di bawah kulit- pada bagian pantat dan pahanya sudah menghilang.

  1. Konsentrasi Meningkat

Kekurangan cairan tubuh dapat mempengaruhi fungsi otak yaitu kemampuan berkonsentrasi. 

Melansir Dailymail, Dr Emma Derbyshire, senior lecturer in nutritional physiology at Manchester Metropolitan University and adviser to the Natural Hydration Council mengatakan bahwa otak manusia terdiri dari 73% air, jadi, hidrasi yang buruk dapat mempengaruhi fungsinya. Dehidrasi dapat mengurangi kemampuan dalam berkonsentrasi serta kinerja kognitif.

Cara Mengatur Waktu Minum Air Putih

Minum air putih tidak bisa sembarangan. Bahkan, terdapat waktu tertentu di mana air putih tidak disarankan untuk dikonsumsi, yaitu pada malam hari. 

Banyak minum pada malam hari atau menjelang tidur beresiko mengganggu fungsi ginjal. Selain itu, bolak balik kamar mandi pada waktu malam juga dapat mengganggu kualitas tidur seseorang.

Pelajari dengan baik dan perkirakan waktu minum air putih yang bijak.

  1. Setelah bangun tidur
  2. Sebelum dan sesudah makan
  3. ketika merasa kelelahan
  4. 2-3 jam sebelum tidur
  5. Sebelum dan sesudah olahraga

Kesimpulan

Bagi sebagian orang, minum air putih yang cukup butuh banyak perjuangan. Di tengah maraknya minuman bersoda, dan kandungan gula yang tinggi kita harus sama-sama sadar tentang pentingnya air putih bagi tubuh. 

Sarah Smith telah merasakan banyak manfaat dari perilaku hidup sehat ini. Agar tidak hanya FOMO, #SobatWakaf dapat memulai dengan membawa tumbler ke manapun. Harapannya, agar teman-teman tidak malas lagi untuk minum dan beralasan membeli minuman kemasan yang punya beragam rasa.

Siap lakukan perubahan yang dimulai dari diri sendiri?

  • Literasi
  • Artikel
  • Air
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman