Keutamaan Nisfu Sya'ban

Keutamaan Nisfu Sya'ban

By Markom Wakaf Salman

09/04/2021

Bulan Sya’ban merupakan bulan yang penuh dengan pahala dari Allah SWT, bulan yang mulia bagi seluruh umat Muslim yang menyambutnya. Karena, bulan yang berada diantara bulan Rajab dan bulan Ramadhan ini menjadi kesempatan bagi umat Islam meraih ampunan sebesar-besarnya dari Allah SWT.

Dalam sejarah Islam, banyak peristiwa besar yang terjadi pada bulan Sya'ban. Seperti, peristiwa pemindahan arah kiblat dari Masjidil Aqsa menuju Ka’bah, serta waktu diangkatnya catatan amal manusia. Dengan beberapa peristiwa besar ini tidak heran jika bulan Sya’ban disebut sebagai bulan yang penuh rahmat. Semua umat muslim pun dianjurkan memperbanyak amalan sunah, untuk mendapatkan rahmat dan keutamaan malam Nisfu Sya'ban. Amalan sunah tersebut dapat dilakukan di malam puncak bulan Sya’ban, yang pada tahun ini diperkirakan jatuh pada tanggal 28 - 29 Maret. Untuk mendapatkan keutamaan malam Nisfu Sya’ban ini, seluruh umat Muslim dapat melakukan beberapa amalan sunah. Mulai dari puasa sunah Nisfu Sya'ban doa, serta banyak mengucap istighfar. Bukan hanya itu, umat Muslim dianjurkan untuk menunaikan ibadah shalat sunah Nifsu Sya’ban untuk menambah amalan dan memperkuat keimanan.

Setelah mengetahui pengertian dan keutamaan malam Nisfu Sya'ban, berikutnya terdapat doa khusus yang bisa Anda panjatkan saat melewati malam Nisfu Sya’ban ini. Di malam Nisfu Sya’ban, Anda bisa memohon kepada Allah SWT umur yang panjang, mudah rezeki, dan iman Islam yang semakin baik dan meningkat. Berikut doa malam Nisfu Sya’ban yang bisa Anda amalkan :

“Wahai Tuhanku yang Maha Pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut”.

Kesempatan ini adalah kesempatan yang langka, karena hanya ada satu tahun sekali. Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk terus “menebar” kebaikan kepada satu sama lain, kita sebagai umat Allah SWT wajib untuk saling menolong karena terdapat pahala yang berlipat ganda. Salurkan kebaikan Anda melalui Wakaf Salman, donasi Anda akan bermanfaat untuk saudara-saudara Kita.

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us