Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Keutamaan Bulan Syaban dan Amalannya

Kapan 1 Syaban 1443 H datang?
Ternyata Jumat, 4 Maret 2022 menjadi tanggal pertama dalam bulan yang penuh keutamaan & ampunan ini. Berikut ini, Wakaf Salman ITB bagikan berbagai keutamaan bulan Syaban dan amalan yang bisa kita lakukan.

1. Bulan Syaban, waktu diangkatnya amalan
2. Bulan Syaban & malam pertolongan
3. Bulan Syaban, gerbang masuk Ramadan

Pertama, pada bulan Syaban ini Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengangkat amalan kita selama setahun. Sebelum akhirnya nanti pada Hijriyah berikutnya, kita bisa kembali fitri. Hal ini tersirat dari perbuatan Rasulullah Saw. selama bulan Ramadan.

Tahukah Sahabat? Rasulullah ternyata lebih banyak berpuasa sunnah di bulan Syaban ketimbang bulan lainnya (kecuali Ramadan). Motivasi beliau adalah karena ingin apabila datang waktu amalnya harus diangkat, maka terangkat ketik beliau dalam keadaan baik (saat berpuasa).

Rasulullah SAW bersabda,  

 ذاكَ شهر تغفل الناس فِيه عنه ، بين رجب ورمضان ، وهو شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين، وأحب أن يرفع عملي وأنا صائم -- حديث صحيح رواه أبو داود النسائي 

”Bulan Sya'ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (HR Abu Dawud dan Nasa'i)

Selanjutnya, pada bulan Syaban ini juga kita mengenalnya sebagai bulan bertabur ampunan & pertolongan. Hal tersebut karena kehadiran malam Nisfu Syaban yang jatuh pada hari ke-15 bulan Syaban.

عَنْ مُعَاذِ بن جَبَلٍ عَن ِالنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ يَطَّلِعُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ  

Dari Mua’dz bin Jabal RA, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah memperhatikan hamba-Nya (dengan penuh rahmat) pada malam Nisfu Sya’ban, kemudian Dia akan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan musyahin (orang yang hatinya ada kebencian antarsesama umat Islam).” 

Naudzubillahi min dzaliik.. semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang tidak mendapat rahmat dan ampunan-Nya. Nah, untuk keutamaan terakhir barangkali kita lun sudah mengetahuinya.

Yakni, bulan Syaban sebagai gerbang masuk Ramadan. Tepat setelah berakhir bulan Syaban, kita pun akan bertemu bulan mulia yang ditunggu-tunggu. Bahkan, para Sahabat Nabi Muhammad Saw. senantiasa mempersiapkan diri hingga 3-5 bulan sebelumnya agar siap memasuki bulan Ramadan.

Oleh karena itu, kita patut mencontohnya juga dengan melipatgandakan setiap kebaikan yang bisa kita lakukan. Karena amal baik, apalagi amal buruk pada bulan Syaban ini dilipatgandakan juga. Itulah mengapa bulan ini juga sering dijuluki bulan kelalaian.

Bersama Wakaf Salman ITB, mari kita saling mengingatkan dan bahu membahu dalam kebaikan. Salah satunya, meraih pertolongan Allah dan ridha-nya untuk mengejar pahala terbaik Ramadan. Melalui berbagi sahur dan berbuka dari sedekah yang Sahabat berikan.

  • Literasi
  • wakaf
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman