Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Keutamaan Membahagiakan Anak Yatim di Bulan Ramadan

Anak yatim adalah mereka yang kehilangan salah satu atau kedua orang tua mereka dan biasanya tidak memiliki sumber daya yang memadai untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dalam agama Islam, memberikan perhatian dan membahagiakan anak yatim merupakan tindakan mulia yang sangat dianjurkan dan dihargai. Berikut juga sebaliknya, jka kita menghardik anak yatim adalah perbuatan dosa.  

Berikut adalah beberapa keutamaan dari membahagiakan anak yatim:

Pahala besar di sisi Allah SWT

Membahagiakan anak yatim termasuk di antara perbuatan yang sangat dianjurkan dalam Islam dan memiliki pahala besar di sisi Allah SWT. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 177, yang berbunyi: “Tidaklah saleh itu, (yaitu) membelanjakan harta, (jika tidak) kamu mengalirkannya kepada orang-orang yang memerlukan dan kepada anak-anak yatim dan orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan dan orang-orang yang meminta-minta; (dan juga untuk memerdekakan hamba sahaya,) dan (saleh ialah) mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan dan penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.”

Membantu memperbaiki kehidupan anak yatim

Memberikan perhatian dan kebahagiaan kepada anak yatim dapat membantu mereka memperbaiki kehidupan mereka. Dengan memberikan bantuan dalam bentuk apapun, kita dapat membantu anak yatim untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dan bahagia. 

Seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Insan ayat 8-10, “Dan mereka memberikan makanan dengan mencintai-Nya kepada orang miskin dan anak yatim dan orang yang ditawan, (mereka berkata), “Kami memberi kamu makanan hanya karena kami ingin mengharapkan wajah Allah, kami tidak menginginkan balasan dan tidak mengharapkan terima kasih darimu.”

Mendapatkan ridha Allah SWT

Allah SWT mencintai orang-orang yang membantu orang lain, termasuk anak yatim. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 195, “Dan belanjakanlah di jalan Allah dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan dan berbuat baiklah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Mendapatkan pahala yang terus mengalir

Memberikan perhatian kepada anak yatim tidak hanya memberikan kebahagiaan kepada mereka, tetapi juga dapat membawa pahala yang terus mengalir di dunia dan akhirat. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, “Aku dan orang yang menyantuni anak yatim seperti ini di surga,” kemudian beliau mengisyaratkan dua jari yang berdekatan.

Membahagiakan anak yatim bisa dalam bentuk apa saja, terutama di bulan Ramadan. Mulai dari mengenyangkan perutnya, memenuhi kebutuhannya, memberi beasiswa untuk sekolahnya, hingga memberikan tempat bernaung bagi mereka. Karena Rasulullah SAW pernah bersabda “Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadan.” (HR At-Turmudzi dari Anas).

Rumah Quran Salman adalah sarana belajar dan tempat tinggal bagi banyak anak-anak yatim dan dhuafa. Di sana, mereka bisa belajar, mengaji, beribadah dan bermain. Namun kondisi bangunan saat ini memerlukan rehabilitasi agar mereka lebih nyaman. Mari ikut bantu wujudkan rumah yang nyaman bagi banyak anak-anak yatim dan penghafal Quran. Semoga mereka dapat menjadi penerus bangsa yang cerdas, bijaksana dan berlandaskan nilai-nilai islami.

  • Literasi
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman