Wakaf Salman

Beranda

Program

Kabar Wakaf

Akun

Wakaf Salman

Jemput Berkah Jumat Pertama Ramadan

Telah bertemu kembali kita dengan hari Jumat. Hari yang baik, hari terciptanya Adam dan dimasukannya oleh Allah SWT ke surga. Tidak ada malaikat ayng berada dekat di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung, dan batu kecuali mereka khawatir akan datangnya kiamat di hari Jumat.

Sahabat, bagaimana puasa Ramadan sampai hari keenam ini? Wakaf Salman doakan semoga Sahabat senantiasa diberi kesehatan, kelancaran dalam segala urusan, dan kemudahan untuk selalu berbuat baik.

Pada hari Jumat ini, kita bisa jemput berkah Ramadan dengan berbagai amalan berikut ini.

1. Salat Jumat

Imam al-Qadla’i dan Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah bersabda:

اَلْجُمُعَةُ حَجُّ الْفُقَرَاءِ

Artinya: Jumat merupakan hajinya orang-orang fakir.

Maksud dari hadis tersebut yakni mengenai berangkatnya orang-orang yang tidak mampu berhaji menuju salat Jumat. Keberangkatan mereka itu seperti melangkah ke tempat haji dalam hal meraih pahala walaupun berbeda tingkat pahalanya. Selain itu, salat Jumat juga memberikan ganjaran berbeda-beda bagi waktu keberangkatan seorang muslim untuk salat Jumat. Mereka yang lebih awal berangkat, maka didapatkannya ganjaran seolah-olah mengorbankan seekor unta.

2. Membaca Surat Al Kahfi 

Muslim yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, ia akan dinaungi cahaya di antara dua Jumat. Rasulullah bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat.

Hadits tersebut diriwayatkan dan dishahihkan oleh Imam al-Hakim. 

3. Memperbanyak doa

Dari Jabir bin Abdillah, Nabi MUhammad bersabda:

“Hari Jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang Muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘Ashar." (HR Abu Dawud, An Nasa'i, Al Hakim)

4. Bersedekah, ikhtiar perlancar doa & urusan

Imam al-Syafi’i meriwayatkan hadits:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ 

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

 

  • Literasi
  • Artikel
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman
  • Wakaf Salman