Ini Dia Macam-Macam Wakaf Yang Perlu Kamu Ketahui!

Ini Dia Macam-Macam Wakaf Yang Perlu Kamu Ketahui!

By Wakaf Salman

24/03/2023

Sebagai seorang muslim, kata wakaf pastinya sudah tidak asing lagi. Wakaf merupakan jenis ibadah yang tidak akan terputus bahkan setelah kita meninggal. Wakaf dapat diartikan sebagai pemberian harta yang diberikan kepada yang berhak menerima. Ada sedikit perbedaan antara wakaf dan sedekah. Sedekah adalah pemberian barang habis pakai seperti makanan, sedangkan wakaf adalah pemberian harta, bangunan atau tanah yang bertujuan untuk beramal kepada yang membutuhkan. Namun, keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memanfaatkan harta di jalan kebaikan. Nah, apakah sobat wakaf sudah tahu apa saja macam-macam wakaf? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Wakaf Ahli

Wakaf Ahli

(Wakaf Ahli | Pexels.com)

 

Wakaf ahli dapat diartikan sebagai harta yang diberikan kepada keluarga yang memiliki hubungan darah. Wakaf ini bertujuan untuk memberikan kesejahteraan sesama keluarga. Pemberian harta tersebut dapat digunakan untuk keperluan bagi keluarga itu sendiri. Wakaf ahli ini berbeda dengan wasiat karena wakaf diperbolehkan dengan seluruh harta yang dimiliki, sedangkan wasiat hanya sepertiga dari harta tersebut yang diberikan kepada ahli warisnya. 

Wakaf Khairi

Wakaf Khairi

 

Wakaf Khairi dapat diartikan sebagai pemberian harta atau benda dari seorang wakif (orang yang memberi wakaf) kepada penerima wakaf untuk kepentingan agama dan masyarakat. Wakaf khairi diberikan kepada seseorang yang tidak memiliki hubungan kekerabatan. Selain itu, penerima wakaf ini harus menggunakan pemberian tersebut untuk beribadah kepada Allah SWT dan untuk kebaikan yang berkelanjutan seperti pembangunan masjid, sekolah dan rumah sakit. Jika sobat wakaf berkeinginan untuk melakukan wakaf khairi, Wakaf Salman menyediakan beragam program wakaf yang bisa sobat wakaf ikuti. Contohnya, program wakaf pembuatan masjid, rumah sakit dan rumah Quran.

 

Wakaf Musytarak

 

Wakaf Musytarak

Berikutnya adalah wakaf musytarak. Wakaf jenis ini adalah pemberian harta atau benda untuk keperluan pribadi yang digunakan bersama-sama untuk keperluan masyarakat umum. Jadi, pemberian dari wakaf ini digunakan bersama-sama antara wakif dan masyarakat umum. Misalnya, sebuah yayasan yang dibangun diatas tanah wakaf atau sumur pribadi yang dibuka untuk masyarakat umum. Contoh lainnya adalah, wakaf ruangan tempat tidur pasien di rumah sakit. Wakaf ini akan digunakan oleh keluarga wakif dan juga pasien yang lain yang membutuhkan. 

Wakaf Benda Tidak Bergerak

Wakaf Benda Tidak Bergerak 


 

Macam-macam wakaf berikutnya adalah wakaf benda tidak bergerak. Wakaf ini memberikan benda-benda yang berkaitan dengan tanah seperti tanah, kebun, dan bangunan. Contohnya wakaf bangunan adalah masjid, rumah sakit dan sekolah. Tentunya, bangunan yang diwakafkan harus memiliki kepemilikan yang jelas. 

Wakaf Benda Bergerak Selain Uang

Wakaf Benda Bergerak Selain Uang

Macam-macam wakaf yang terakhir adalah wakaf benda bergerak selain uang. Contohnya, kendaraan, air, bahan bakar minyak, hak kekayaan intelektual dan surat berharga. Di wakaf salman ada program wakaf operasional dakwah seperti kendaraan roda empat untuk dakwah dan wakaf ambulans. Ambulans yang tersedia dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan kendaraan ini. Selain itu, ada juga wakaf air yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi yang membutuhkan. Maka dari itu, sobat wakaf dapat membantu mereka dengan berwakaf di Wakaf Salman. 

Kamu Ingin Beramal Dengan Wakaf? Ayo Kunjungi Wakaf Salman!

Setelah membaca macam-macam wakaf dan contoh wakaf diatas. Apakah kamu ingin beramal dengan wakaf tapi masih bingung berwakaf dimana? Jangan sampai bingung ya sobat wakaf! Karena Wakaf Salman punya macam-macam wakaf yang amanah, transparan dan profesional!


Yuk, Kunjungi Wakaf Salman! Platform wakaf online yang amanah, transparan dan profesional berbasis teknologi informasi. Lembaga pengelola wakaf yang mendorong kemajuan peradaban umat dan dengan mempertimbangkan aspek kemaslahatan dan kemanusiaan berlandaskan nilai-nilai islami.

Literasi
wakaf
hukum wakaf

Bagikan :

Literasi
wakaf
hukum wakaf
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us