Hidroponik Gak Bikin Panik

Hidroponik Gak Bikin Panik

By Adi Kartiwa

06/02/2021

Zaman sekarang sudah serba instan, hampir segalanya menggunakan teknologi. Aspek-aspek kehidupan pun hampir semua dikerjakan menggunakan mesin-mesin yang dapat memudahkan kegiatan manusia. Dari bidang sosial, komunikasi, politik, pertanian dan termasuk bidang perdagangan juga sekarang sudah menggunakan metode-metode teknologi terbaru. Tapi, kamu tahu gak kalo pemberdayaan tanaman hidroponik sebenarnya bisa membuat terobosan yang bermanfaat buat masyarakat banyak? Yuk, biar aku jelasin biar wawasan kamu makin up to date.

Hidroponik itu adalah sistem pertanian modern atau suatu teknik budidaya tanaman dengan menggunakan media (media air dan bahan yang ringan, misalnya arang sekam, pasir, batu apung, dan batu kali). Tumbuhan hidroponik memperoleh makanan dari zat-zat anorganik yang diberikan pada saat penyiraman, karena media yang menjadi penunjangnya bukanlah tanah. Tanaman yang sering ditanam secara hidroponik yaitu sayur-sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias.

Pemberdayaan hidroponik sendiri gak terlalu sulit untuk dilakukan kok, ada beberapa manfaatnya juga buat manusia, diantaranya :

1. Bebas dari hama karena medianya bukan tanah.
2. Lahan yang diperlukan juga tidak harus lahan yang luas.
3. Biaya yang diperlukan tidak terlalu mahal.
4. Mutu yang dihasilkan lebih baik.
5. Hemat pupuk karena tergantung pemberiannya sesuai kebutuhan.

Manfaat ini sudah dirasakan oleh masyarakat yang berada di sekitaran Masjid Al Idrisiyyah, Kiaracondong, Bandung. Pengurus masjid dan warga sekitar sudah memberdayakan tanaman hidroponik menggunakan saluran air yang dibentuk bertingkat sebagai wadah dari tanaman tersebut. Selain sayuran dan tanaman hias, hewan seperti ayam dan ikan lele ikut diberdayakan sebagai salah satu keunggulan dari Masjid Al Idrisiyyah dibandingkan masjid-masjid yang lain. Manfaatnya sangat terasa oleh warga karena dengan adanya hidroponik ini sebagian kebutuhan sehari-hari sedikitnya tercukupi, serta hubungan antar warga semakin harmonis karena warga sekitar pula yang menjadi pengurus dari hidroponik tersebut.

Kamu gak tertarik nih buat bikin hidroponik?

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us