Hari Sejuta Pohon

Hari Sejuta Pohon

By Markom Wakaf Salman

09/01/2021

Bagi kita semua setiap tanggal pasti memiliki makna tersendiri untuk orang-orang yang memiliki kesan dan pesan di tanggal tertentu. Begitu pun dengan tanggal 10 Januari, terus ada apa sih di tanggal 10 Januari ini?

Tanggal 10 Januari ditetapkan sebagai hari sejuta pohon. Hmm.. baru tau kan? Jadi, untuk memperingati hari sejuta pohon tersebut selalu dibarengi dengan gerakan penanaman sejuta pohon yang lain dan tidak bukan sebagai bentuk melestarikan dan merawat lingkungan untuk keberlangsungan hidup manusia di bumi.

Tanpa kita sadari, jumlah pohon di dunia mengalami penurunan yang amat drastis. Beberapa faktornya disebabkan oleh bencana alam dan sebagian besar karena faktor manusia itu sendiri. Di Indonesia sendiri, sebanyak 684.000 hektare hutan hilang setiap tahun. Otomatis jumlah pohon di Indonesia pun akan berkurang setiap tahunnya.

Ketika pohon berkurang, banyak masalah yang akan ditimbulkan ketika pohon berkurang, polusi udara, longsor karena tidak ada penopang tanah, dan masih banyak lagi. Alangkah baiknya kita merawat lingkungan seperti yang dijelaskan oleh beberapa hadist yang menjelaskan betapa pentingnya menjaga lingkungan.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
"Tidak seorang pun Muslim yang menanam tumbuhan atau bercocok tanam, kemudian buahnya dimakan oleh burung atau manusia atau binatang ternak, kecuali yang dimakan itu akan bernilai sedekah untuknya." (HR Bukhari)

Dengan ini Wakaf Salman memberi kemudahan untuk orang-orang yang ingin bersedekah dengan cara berdonasi. Donasi tersebut pastinya akan direalisasikan untuk menanam pohon di beberapa daerah yang kekurangan pohon agar lingkungan tetap terjaga. Mari kita berdonasi untuk kehidupan anak cucu kita nanti, dengan cara berdonasi juga bisa menambah amalan baik untuk di akhirat kelak. Salam Lestari!

Artikel

Bagikan :

Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us