Harga Serba Naik, Begini Sikap Rasulullah Dahulu Kala

Harga Serba Naik, Begini Sikap Rasulullah Dahulu Kala

Sahabat Wakaf Salman, Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak) mulai dari Pertalite, Soalr, dan Pertamax pada Sabtu (3/9.2022).

"Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian," ujar Sang Presiden Republik Indonesia dalam jumpa pers di Istana Merdeka.

Ternyata, kenaikan harga juga pernah terjadi semasa Rasulullah ﷺ masih hidup..

Dahulu, Sahabat mengalami kenaikan harga barang-barang. Mereka pun mendatangi Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam dan menyampaikan masalah ini. Mereka berkata, "Wahai Rasulullah, harga-harga barang banyak yang naik, maka tetapkan keputusan yang mengatur harga barang." Kemudian, Rasulullah ﷺ memberikan jawaban seperti berikut ini.

إن الله هو المسعر القابض الباسط الرازق وإني لآرجو أن ألقى الله وليس أحد منكم يطلبني بمظلمة في دم أو مال

“Sesungguhnya Allah adalah Dzat yang menetapkan harga, yang menyempitkan dan melapangkan rezeki, Sang Pemberi rezeki. Sementara aku berharap bisa berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada seorang pun dari kalian yang menuntutku disebabkan kezalimanku dalam urusan darah maupun harta.” (hadis riwayat Ahmad 12591, Abu Daud 3451, Turmudzi 1314, Ibnu Majah 2200, dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Kenaikan harga juga adalah ketetapan Allah ﷻ

Jawaban dari baginda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam ini memberikan kita pemahaman yang sungguh luhur dan bijak. Seperti yang selalu ditanamkan kepada kita baik dalam Al-Qur'an maupun berbagai riwayat kisah kenabian bahwa segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini, tak mungkin terjadi tanpa kehendak Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Atas kesadaran tersebutlah, kita perlu bersabar apabila kehidupan yang kita hadapi ini terasa sulit.

Selepas pandemi dengan kenaikan harga BBM yang dirasa mencekik, barangkali sempat melintas di benak kita pertanyaan.. "Ya Allah, bagaimana kami hidup dengan berbagai kesulitan ini?" Jika benar begitu, maka beristighfarlah astaghfirullahalaziim..

Karena sesungguhnya, Allah  telah menjamin rezeki kita

Sebagaimana Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda;

"Wahai manusia, sesungguhnya kalian tidak akan mati sampai sempurna jatah rezekinya, karena itu, jangan kalian merasa rezeki kalian terhambat dan bertakwalah kepada Allah, wahai sekalian manusia. Carilah rezeki dengan baik, ambil yang halal dan tinggalkan yang haram." (hadis riwayat Baihaqi dalam Sunan al-Kubro 9640, dishahihkan oleh Hakim dalam Al-Mustadrak 2070 dan disepakat Ad-Dzahabi)

Mari kita berikhtiar semaksimal mungkin, terus bertawakal, dan hindarkan diri dari perasaan putus asa. Sesungguhnya, Allah  Maha Mengetahui segalah kesusahan, duka, Maha Pengasih & Maha Penyayang.

 

Referensi:
https://konsultasisyariah.com/21488-nasehat-ketika-terjadi-kenaikan-harga-barang.html
https://nasional.kompas.com/read/2022/09/03/13372151/harga-bbm-pertalite-solar-hingga-pertamax-resmi-naik-mulai-hari-ini.

Literasi
Artikel

Bagikan :

Literasi
Artikel
Bagikan

Berita Lainnya

Contact Us

Contact Us